Pemasangan Spanduk Gerakan Karo Tolak Narkoba Dimulai

Pemasangan Spanduk Gerakan Karo Tolak Narkoba Dimulai

Foto Bersama Rombongan Pemasang Spanduk Gerakan Tolak Narkoba di Tanah Karo

Sipayo.com – Maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya (Narkoba) di Tanah Karo akhir-akhir ini telah mengundang keprihatinan sejumlah kalangan, khususnya para pengguna sosial media.

Atas rasa keprihatinan itu, kemudian muncul sebuah grup di WhatsApp yang intens membicarakan isu-isu seputar maraknya peredaran narkoba di Kabupaten Karo. Keterlibatan sejumlah tokoh Karo, salah satunya adalah Arya Sinulingga di grup tersebut turut membuat diskusi kian menjadi menarik.

Tak hanya sekedar berwacana dalam tatanan diskusi, namun justru kemudian timbul ide dan gagasan membuat suatu gerakan nyata dalam rangka perang melawan narkoba di Tanah Karo yang disepakati dengan istilah #GerakanKaroTolakNarkoba.

Melalui #GerakanKaroTolakNarkoba, penggalangan spanduk-spanduk dengan pesan perang melawan narkoba di Tanah Karo pun dilakukan. Jumlah spanduk yang diharapkan terkumpul sebanyak 300, dimana spanduk itu nantinya akan dipasang diseluruh wilayah Karo, mulai dari kota hingga ke seluruh desa-desa.

Dalam kurun waktu tidak lebih dari 10 hari, jumlah spanduk yang terkumpul telah mencapai 250 lembar, dengan jumlah penyumbang mencapai puluhan orang. Aksi pemasangan spanduk perdana pun kemudian dilaksanakan dan dihadiri langsung Arya Sinulingga yang datang dari Jakarta. Bersama puluhan orang penggagas Gerakan Karo Tolak Narkoba, Arya Sinulingga memasang spanduk secara simbolis di Kabanjahe, Sabtu (11/6/2017) siang.

Ada beberapa titik pemasangan spanduk yang dilakukan di Kabanjahe, diataranya di Simpang Tiga Masjid Agung , Kantor Polres Karo, Kantor BNN Karo, Sentrum, dan Tuga Bambu Runcing.

“Setelah kita pasang hari ini di Kabanjahe, maka menyusul seluruh desa-desa se-Kabupaten Karo juga akan kita pasangi spanduk. Mudah-mudahan dengan cara ini dalam tiga bulan kedepan peredaran narkoba akan berhenti di Kabupaten Karo,” ujar Arya Sinulingga.

Arya juga tidak menampik apabila aksi pasang spanduk nantinya belum memberikan hasil signifikan menghentikan peredaran narkoba di Karo, maka bukan tidak mungkin #GerakanKaroTolakNarkoba juga akan melakukan berbagai upaya lain.

Seusai melakukan pemasangan spanduk secara simbolis diberbagai titik di Kabanjahe, pada sore harinya Arya Sinulingga dan kemudian menyambangi Kantor Moderamen GBKP. Dalam kunjungan tersebut, Arya dan rombongan disambut oleh Ketua Moderamen GBKP Pdt Agustinus Purba dan sejumlah jajaran pengurus lainnya.

Setelah Arya menyampaikan maksud kedatangan ke Moderamen GBKP untuk memperkenalkan #GerakanKaroTolakNarkoba, pihak Moderamen GBKP pun turut mengapresiasi. “Saya kira sebagian besar masyarakat Karo tidak menginginkan daerah ini dijadikan sebagai tempat peredaran narkoba. Jadi tentu gerakan anti narkoba juga pasti didukung oleh masyarakat, begitu pula halnya dengan GBKP,” ujar Ketua Moderamen GBKP Pdt Agustinus Purba.

Tidak ketinggalan pengurus Permata GBKP Pusat yang hadir dalam kesempatan tersebut juga turut memberikan dukungan terhadap #GerakanKaroTolakNarkoba. “Permata GBKP turut mendukung gerakan anti narkoba ini, dan kalau ada gerakan berupa petisi penyebaran spanduk ke seluruh desa-desa se-Kabupaten Karo, Permata siap ikut ambil bagian,” ujar perwakilan pengurus Permata GBKP Pusat.