Suara Letusan Senapan Bikin Warga Martubung Geger, Ada Apa Gerangan?

Suara Letusan Senapan Bikin Warga Martubung Geger, Ada Apa Gerangan?
Sipayo.com – Warga Jl Martubung, Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan mendadak heboh, Senin (5/6/2017) malam, sebab perampok yang awalnya disebut-sebut bersenjata api menyekap pemilik toko serba ada yang ada dikawasan padat penduduk tersebut.

Seorang warga bernama Ari sempat mengatakan, semula warga mendengar ada teriakan. Lalu, warga berkumpul dan diketahui ada perampok di dalam toko.

Selang beberapa saat kemudian, dari keterangan warga sekitar diketahui pelaku penyekapan adalah karyawan toko itu juga yang bernama Kordi Alami Duru alis Julius (16), warga Pasar 6, Martubung, Kota Medan.

“Menurut beberapa pekerja toko, pelakunya karyawan juga. Dia belum lama kerja di sini,” ungkap seorang wanita berkerudung putih di depan lokasi kejadian.

Menurut wanita yang menyandang tas samping itu, Julius sudah sebulan tidak masuk kerja. Lalu, majikannya marah.

“Sewaktu dimarahi, dia enggak terima. Kemudian dia ancam pemilik toko,” katanya.
Beberapa warga mengatakan, pelaku hanya satu orang.

Ketika melakukan penyekapan, pelaku menggunakan pistol mainan. Ia juga dikabarkan membawa senjata tajam.

“Kami enggak jelas lihat mukanya. Karena ketika diamankan polisi, dia dipakaikan helm,” ungkap warga yang berkumpul di lokasi.

Tidak lama aksi penyekapan terjadi, polisi pun akhirnya tiba dilokasi kejadian. Negoisasi antara polisi dan pelaku pun terjadi, namun Julius melawan polisi. Dia pun tetap bersikeras berusaha melukai pemilik toko.

“Agar pelaku menyerah, polisi sempat melakukan dialog. Tapi pelaku melawan hingga polisi meletuskan senjata api,” kata Khairah (22), salah seorang warga, Senin (5/6/2017) malam.

Perempuan berbaju kemeja motif biru ini, mengatakan lantaran pelaku tetap kukuh melakukan penyanderaan, polisi empat kali meletuskan senjata api. Warga yang ada di lokasi sempat kaget.

“Ketika diletuskan senjata api, barulah pelaku itu menyerah. Polisi kemudian masuk ke dalam toko dan mengamankan pelaku,” ungkap warga.

Ditempat terpisah, apolres Pelabuhan Belawan, AKBP Yemi Mandagi, mengatakan Kordi Alami Duru alias Junius (16), pelaku penyekapan pemilik toko serba ada Kiddy’s bernama Acai, telah diamankan. Saat ini, pelaku masih dalam pemeriksaan.

“Dari tangan tersangka, kami sita barang bukti berupa satu pistol mancis. Dari pemeriksaan awal diketahui pelaku sebenarnya belum sempat merampok,” kata Yemi pada www.tribun-medan.com lewat sambungan telepon selular, Senin (5/6/2017) malam.

Yemi mengatakan, tersangka nekat melakukan aksinya karena ingin menjarah barang berharga di dalam toko. Namun aksinya keburu dipergoki Acai.

“Tersangka ini mau menjarah toko milik majikannya. Tapi sebelum berhasil sudah ketahuan korbannya. Saat itulah dia melakukan pengancaman,” ujar Mandagi.

Selain pistol mancis, polisi juga mengamankan sebilah pisau. Senjata tajam ini juga digunakan pelaku untuk mengancam korban.