Di Depan Mahasiswa Padang Sidempuan, Ketua KPK Beberkan Alasan DPR Bentuk Pansus

Di Depan Mahasiswa Padang Sidempuan, Ketua KPK Beberkan Alasan DPR Bentuk Pansus

Ketua KPK Agus Rahardjo (int)

Sipayo.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Agus Rahardjo menjelaskan alasan DPR membentuk pansus hak angket KPK kepada mahasiswa yang menjadi peserta kuliah umum di Universitas Muhamaddiyah Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan, Rabu (12/7).

Kepada mahasiswa, Agus mengatakan hak angket ini berawal pada saat rapat dengan pendapat (RDP) antara KPK dan DPR, yang dihadiri 4 orang pimpinan KPK karena Agus pada saat itu sedang menghadiri acara ulang tahun Kopassus.

Dalam rapat dengar pendapat tersebut KPK dan DPR membahas sejumlah agenda diantaranya KPK garus menindaklanjuti seluruh temuan BPK. Selain itu KPK juga diminta untuk memperbaiki kinerja internal hingga yang terakhir dibahasa adalah tentang rekaman Miryam S Haryani yang dianggap anggota DPR sebagai fitnah.

Agus juga tidak membantah opini masyrakat, bahwa DPR sangat ngotot untuk membentuk pansus hak angket kepada KPK karena diduga untuk membela teman-teman mereka sesama anggota dewan yang tersangkut kasus proyek e-KTP.

Agus juga menegaskan masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi untuk menentukan sikap KPK terhadap hak angket yang dikeluarkan DPR.