Gunung Lubuk Raya Bergejolak Pasca Gempa 5,5 SR di Padang Sidempuan

Gunung Lubuk Raya Bergejolak Pasca Gempa 5,5 SR di Padang Sidempuan

Foto: Ilustrasi Gunung Mengeluarkan Asap

Sipayo.com – Pasca gempa berkekuatan 5,5 SR yang mengguncang Padang Sidempuan, Jumat (14/7/2017) pukul 08.25 WIB. Gunung Lubuk Raya yang selama ini dikenal sebagai gunung ‘tidur’ karena sudah tidak aktif, justru malah bergejolak.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Sipayo.com dari Antara Sumut, Gunung Lubuk Raya di Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, dikabarkan mengeluarkan asap.

“Asap berwarna hitam campur pekat tiba-tiba muncul pasca gempa,” kata Ilyas, seorang Tokoh Masyarakat Desa Sitarotoit, Angkola Barat. Asap yang tampak muncul itu berada persis di puncak Simandar bagian dari Gunung Lubuk Raya, pasca gempa sekitar 10 detik tersebut.

Sebelumnya BMKG mencatat kekuatan gempa mencapai 5,5 SR dengan kedalaman 10 Kilometer berlokasi 1.37 LU – 99.19 BT pada 9 Km Barat Daya Padangsidimpuan Sumatera Utara.

Menurut Ilyas Gunung Lubuk Raya selama ini ‘tidur’,”masyarakat khawatir pusat gempa berasal dari gunung itu,”sebutnya.

Tidak berapa lama memberikan penjelasan dampak gempa lewat selularnya tiba-tiba gempa susulan kedua dan ketiga dan getarannya lebih kecil dari gempa pertama terjadi lagi.

Selain itu dia juga melaporkan gempa pertama menyebabkan dinding beton rumah warga Sitaratoit Darwis Hasibuan amblas. Lebih jauh disebutkannya saat berita ini dikirimkan masyarakat desa dan sekitarnya berada diluar rumah menghindari hal-hal tidak diingini.