Inilah 3 Macam Madu Beserta Khasiatnya Untuk Kesehatan

Inilah 3 Macam Madu Beserta Khasiatnya Untuk Kesehatan

Foto : Ilustrasi Madu

Sipayo.com – Anda pasti tau apa itu madu dan manfaatnya bagi kesehatan. Madu sudah dikenal sejak zaman dahulu dan terkenal akan manfaat kesehatannya. Manfaat madu bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan mempertahankan kondisi kesehatan pada seseorang.

Jenis madu di dunia sebenarnya banyak sekali, kurang lebih ada 300 jenis madu di dunia. Namun menurut Honey Board, salah satu lembaga penelitian dan pemasaran produksi madu di negara Amerika Serikat menyatakan, tiap jenis madu itu digolongkan berdasarkan sumber bunga yang dilakukan oleh lebah untuk mengumpulkan madu.

Berikut ini beberapa informasi mengenai macam-macam madu yang cukup dikenal orang indonesia serta manfaat bila mengonsumsi madu.

1. Madu Bunga Kapuk

Madu ini dihasilkan dari ternak yang berada di kawasan hutan randu. Kalau dilihat secara fisik, madu ini berwarna coklat muda dan agak bening. Rasa madu ini manis dengan sedikit rasa asam. Khasiat bila mengonsumsi madu ini sebagai obat sariawan, menghilangkan bau mulut, meredakan demam, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Madu Karet

Nektar pada bunga karet, ternyata juga dapat menghasilkan madu yang baik untuk kesehatan. Madu ini dihasilkan dari lebah madu yang berada di kawasan hutan karet. Walaupun wilayahnya banyak ditumbuhi hutan karet, namun masih terdapat beberapa bunga di kawasan tersebut. Karna bunga yang tumbuh itu lebih dominan di kawasan hutan karet, maka dari itu banyak sekali madu yang dilabeli dengan nama madu karet.
Madu ini bila disimpan terlalu lama, akan muncul kristal atau seperti butiran gula. Manfaat dari madu karet diantaranya dapat mengurangi rasa gatal yang disebabkan karena alergi, dapat mengobati luka bakar, mengatasi keputihan dan dapat menyembuhkan hepatitis.

3. Madu Kelengkeng

Madu ini sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu, karna dapat memberikan manfaat berupa kecantikan dan kesehatan. Apakah kamu tahu mengapa madu ini dinamakan madu kelengkeng? Karena madu ini hanya bisa diproduksi pada musim kelengkeng saja. Para ahli menyarankan jika ingin meningkatkan mikrofa dalam usus dan kesehatan pencernaan sebaiknya ganti gula dengan madu. Selain itu kandungan madu berupa hidrogen peroksida juga dikenal ampuh untuk menyembuhkan luka yang tergores dan luka bakar.