Longsor di Huta Padang, Jalur Asahan-Simalungun terancam Lumpuh

Longsor di Huta Padang, Jalur Asahan-Simalungun terancam Lumpuh

Foto : Kondisi jalan lintas Huta Padang  (istimewa)

Sipayo.com – Jalan lintas Huta Padang, Mandoge yang menghubungkan Kabupaten Asahan dan Kabupaten Simalungun mengalami longsor dan terancam putus total.

Kepala desa Huta Padang, Sahala Sitorus mengatakan jumlah titik longsor di sepanjang desa Huta Padang ada 6 titik. Namun ada 3 titik yang longsornya paling parah yang kedalamanya lebih ari 7 meter sehingga kendaraan roda 4 harus dialihkan melalui jalur lain.

Kondisi longsor di badan jalan ini sebenarnya sudah terjadi sejaka beberapa tahun terakhir, namun dua hari terakhir longsor semakin parah. Hal ini disebabkan tidaknya adanya perbaikan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, karena jalan yang longsor merupakan jalan milik Provinsi.

Sahala menduga penyebab longsor diduga akibat getaran truk dengan tonase besar yang melintas dijalur ini ditambah dengan kontur tanah dijalan tersebut yang tidak stabil.

Karena itu Sahala berharap Pemerintah Provinsi Sumatera untuk segera memperbaiki jalan lintas ini karena jika tak kunjung diperbaiki akan mengganggu aktivitas perekonomian warga jika jalan ini putus total.

Sementara itu untuk mempercepat perbaikan sementara, Pemda setempat mengirimkan alat berat agar para pengguna jalan dapat melintas. Warga dan pengguna jalan juga untuk lebih berhati-hati jika melintas di jalur tersebut.