Masyarakat Melayu di Serdang Bedagai Gelar Ritual Tradisi Jamu Laut

Masyarakat Melayu di Serdang Bedagai Gelar Ritual Tradisi Jamu Laut

Foto: Upacara Tradisi Jamu Laut di Serdang Bedagai

Sipayo.com – Masyarakat Pesisir Timur di Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, gelar upacara Jamu Laut, Selasa (18/7/2017). Jamu Laut merupakan tradisi masyarakat Melayu di daerah ini sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah yang diterima selama ini.

Keseharian masyarakat pesisir yang umumnya bekerja sebagai nelayan untuk mencari nafkah hidup, sehingga kekayaan sumber daya laut merupakan berkah tersendiri yang harus disyukuri kepada sang pencipta.

Jamu Laut ini juga sekaligus sebagai tolak bala agar selama bekerja dapat terlepas dari maut maupun bencana. Upacara adat ini biasanya dilakukan setiap setahun sekali, dan telah berlangsung secara turun-temurun karena merupakan warisan dari nenek moyang.

Selanjutnya tradisi ini juga bertujuan agar seluruh rencana yang tidak baik tak terjadi saat sedang melaksanakan keseharian mencari ikan di laut.

Masyarakat juga mengharapkan, dengan kegiatan ini seluruh aktivitas di laut dapat berjalan dengan baik, khususnya peralatan yang dipergunakan berupa kapal atau perahu tidak salah guna, seperti untuk mengedarkan narkoba dan lain sebagainya.