Wow! Ada Rumah Warga Mirip Istana Negara di Wonogiri

Wow! Ada Rumah Warga Mirip Istana Negara di Wonogiri

Foto: Rumah Warga Mirip Istana Negara di Wonogiri

Sipayo.com – Bangunan mirip Istana Kepresidenan muncul di Wonogiri, Jawa Tengah. Pemilik rumah terinspirasi membangun rumahnya seperti istana negara.

Warga desa yang sukses di Jakarta ini rela mengeluarkan uangnya miliaran rupiah untuk menjadikan rumahnya mirip dengan Istana Negara.

Bangunan ini memang mirip seperti Istana Kepresidenan, serupa tapi tak sama. Bangunan setinggi 12 meter di Desa Kebon Agung, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ini mirip Istana Negara.

Warnanya pun serba putih, dengan desain arsitektur gaya istana Kepresidenan Republik Indonesia. Tak ketinggal di halaman gedung juga terpancang tiang pengibar bendera merah putih. Ornamen yang menghiasi dinding bangunan ini pun dibuat sedemikian rupa agar menyerupai bangunan istana negara.

Gedung mewah ini merupakan istana Suparno, warga desa yang sukses membuka usaha otomotif di Jakarta. Selain untuk rehat saat pulang mudik, lelaki 47 tahun ini memiliki obesesi menjadikan istananya menjadikan wahana wisata edukasi.

Rencananya di komplek istana Suparno di atas tanah seluas 2300 meter persegi ini akan didirikan empat bangunan sekaligus. Selain bangunan utama istana Suparno di lokasi ini juga akan dibangun museum batik dan aula lansia.

“Ruang utama itu nanti saya fungsikan untuk tempat saya tinggal kalau saya pulang mudik. Terus kalau ruang lain akan saya untuk penghormatan terhadap orang-orang tua lansia dan sebagainya,” ujar Suparno.

Suparno merintis pembangunan gedung istananya ini sejak dua tahun lalu, dan diperkirakan selesai awal Agustus mendatang dengan biaya lebih dari Rp 1 miliar. Meski belum 100 persen selesai banyak warga yang menilai bangunan istana Suparno ini tak jauh berbeda dengan Istana Negara.