Didemo masyarakat Adat Laucih bersama dengan OKP, PTPN 2 Berjanji Hentikan Aktivitas

Didemo masyarakat Adat Laucih bersama dengan OKP, PTPN 2 Berjanji Hentikan Aktivitas

Foto : Demontrasi masyarakat adat laucih dengan 2 OKP di depan Kantor PTPN 2 (istimewa)

Sipayo.com – Masyarakat adat lau cih bersama dengan dua kelompok Organisasi Kepemudaan (OKP) Ikatan Pemuda Karya dan Pemuda Pancasila menggelar aksi demontrasi didepan kantor PTPN 2 di wilayah Bekala, Simalingkar A, Kabupaten Deliserdang.

Sempat terjadi kericuhan antara massa yang melakukan aksi demontrasi dengan petugas aparat kepolisian melarang massa masuk kedalam kantor PTPN 2.

Dilarang masuk, massa mengamuk dan aksi saling dorong antara petugas kepolisian dan massa tidak dapat dihindarkan hingga menyebabkan pagar utama dari PTPN 2 rubuh.

Para demonstran yang terdiri dari masyarakat adat sibayak Laucih dan 2 organisasi kepemudaan terlihat tak gentar sedikitpun meski berhadapan dengan pasukan anti huru-huru dan water canon polisi.

Aksi saling dorong yang nyaris berujung dengan baku hantam ini akhirnya berhasil diredam setelah pihak PTPN 2 bersedia melakukan mediasi dengan massa.

Alhasil PTPN 2 berjanji tidak melakukan aktivitas apapun dilahan yang sedang disengketakan ini hingga tanggal 15 Agustus medatang.

Aksi unjuk rasa ini sendiri berawal saat PTPN 2 menggusur sejumlah rumah dan lahan pertanian milik waga di desa Lau Cih Deliserdang karena mengklaim lahan yang ditempati warga merupakan tanah milik PTPN 2. Namun menurut warga tanah tersebut bukanlah milik PTPN namun tanah ulayat milik masyarakat adat desa Laucih.