Ditanya Alasan Kenapa Tidak Mengenakan Hijab? Ini Jawaban Najwa Shihab

Ditanya Alasan Kenapa Tidak Mengenakan Hijab? Ini Jawaban Najwa Shihab

Foto: Najwa Shihab

Sipayo.com – Menyandang predikat sebagai seorang putri ulama kondang, ahli tafsir, bahkan pernah pula menjadi Menteri Agama Republik Indonesia di era Soeharto memang cukup berat. Apalagi sang putri yang dimaksud juga merupakan salah satu jurnalis yang cukup populer di mata masyarakat.

Dia adalah Najwa Shibab, wanita kelahiran Makassar 16 September 1977 yang merupakan putri dari ulama kondang, Prof. Dr. Quraisy Shihab.

Salah satu pertanyaan yang kerap terlontar kepada Najwa yang populer sebagai presenter acara talkshow Mata Najwa ini adalah terkait penampilannya di layar kaca, yang tidak mengenakan hijab.

Lalu bagaimana Najwa menyikapi pertanyaan yang cukup mendasar tersebut, apalagi dirinya merupakan putri kandung dari ulama kondang, Quraisy Shihab?

Sebagaimana dikutip dari Tempo.co, Najwa mengaku tidak memilih berbusana sebagaimana wanita karir pada umumnya. Saat memandu berbagai acara televisi misalnya, dirinya kerap tampil hanya dengan blazer yang dipadu dengan rok atau celana panjang.

Najwa juga menekakan bahwa dirinya memang sangat memperhatikan penampilan dan gaya busana. Meski demikian, istri dari Ibrahim Sjarief Assegah ini mengaku tatap mengidahkan kepantasan dalam mengenakan busana.

Demikian pula, Najwa mengaku tidak menggunakan patokan busana selebritis atau model yang sedang tren. “Yang penting pakaiannya terhormat,” ujar Najwa Shihab yang juga mengaku mengidolakan Siti Fatima Azzahra, putri Nabi Muhammad.

Menurut Najwa Shihab, karena ayahnya, Quraish Shihab adalah ulama, banyak yang bertanya, kenapa dia tidak berjilbab. Najwa Shihab menjawab, sejak kecil ia diberi kebebasan oleh ayahnya. Quraish Shihab juga yang memberi tahu bahwa batasan aurat itu multitafsir.

Najwa Shihab berpersepsi jilbab bukan tolak ukur kesalehan. Sebab, bukan berarti yang tidak berjilbab itu tidak beriman. “Berpakaian itu independensi, yang penting terhormat,” kata Najwa.