Garam Kian Langka, Harga Garam di Deliserdang Naik 2 Kali Lipat

Garam Kian Langka, Harga Garam di Deliserdang Naik 2 Kali Lipat

Ilustrasi garam (int)

Sipayo.com – Harga garam di sejumlah pasar tradisional di Lubuk Pakam Deli Serdang hingga Rabu siang terus mengalami lonjakan. Harga dapur ukuran kecil yang biasanya
Rp. 1.500 hingga naik menjadi Rp. 3.000/bungkus, sementara ukuran setengah kilogram yang biasanya hanya Rp. 7.000
kini naik menjadi Rp. 13.000 s/d Rp. 14.000/bungkus.

Demikian juga hal dengan harga garam no yodium, jika biasanya hari garam ini per 1 sak yang beratnya 50kg dijual dengan harga Rp. 180.000 kini mengalami kenaikan hingga 2 kali menjadi Rp. 270.000/sak.

Kenaikan harga garam ini diduga karena stok garam yang semakin terbatanya hingga berdampak pada melonjaknya harga garam secara bertahap hingga kini naik nyaris naik 2 kali lipat selama sebulan terakhir.

Menurut salah seorang pedagang garam, Ahok, harga garam bisa melonjak akibat pasokan dari garam kosong. Hingga hari ini produsen tidak mengirim mereka stok garam, sehingga para pedagang menjual garam sia stok garam yang ada.

Kenaikan harga garam yang cukup tinggi ini juga membuat para pedagang enggan melakukan stok barang.

Sementara itu, akibat kenaikan harga garam yang sangat tinggi pembeli garam khususnya garam non yodium mengalami penurunan. Masyarakat berharap Pemerintah segera turun tangan untuk menstabilkan masalah kelangkaan garam dan tingginya harga garam.