Sambut HUT Kemerdekaan RI, Pemko Binjai Gelar Lomba Buat Sampan dari Pisang

Sambut HUT Kemerdekaan RI, Pemko Binjai Gelar Lomba Buat Sampan dari Pisang

Salah satu sampan yang ikut lomba (int)

Sipayo.com – Ratusan warga Binjai memadati aliran sungai binge, untuk menyaksikan perlombaan sampan tradisional yang terbuat dari debok pisang.

Perlombaan ini dibuat oleh Pemerintah Kota Binjai dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72.

Sedikitnya sebanyak 17 orang peserta yang berasal dari warga kota Binjai, instansi pemerintahan Kota Binjai dan Militer ikut memeriahkan perlombaan ini.

Seluruh peserta berlomba menghias sampan dengan berbagai bentuk kreasi, mulai dari perahu melayu laskar Hang Tuah, pesawat terbang.

Salah satunya adalah peserta dari Batalyon Arhanudse yang membuat sampan tradisional berbentuk pesawat terbang dan kapal perang dengan suara dentuman meriamnya.

Tak hanya membuat sampan menjadi semenarik mungkin, para peserta juga dituntut untuj membawa sampan hasil kreasi ereka kesebuah lokasi yang telah ditentukan panitia sebagai bukti sampan tersebut bisa dipakai.

Juri lomba sampan ini, Fredi Idrsi mengatakan panitia lomba sampan memberikan kriteria untuk tampol sebagai peserta terbaik. Diantaranya peserta yang turur menjaga kebersihan sungai dibuktikan dengan samapah yang dikumpulkan.

Antusiame warga kota Binjai dalam menyaksikan lomba sampan ini cukup tinggi, terbukti dengan membludaknya warga Kota Binjai yang menyaksikan lomba ini.