Wah! 4 Alat Sederhana Ini Sangat Ampuh Mempersulit Maling Motor

Wah! 4 Alat Sederhana Ini Sangat Ampuh Mempersulit Maling Motor

Foto : Ilustrasi Maling Motor

Sipayo.com – Untuk menghindari pencurian, AHM selaku produsen sepeda motor Honda selalu melakukan inovasi dengan cara mempercanggih sistem pengamannya. Teknologi Secure Key Shutter adalah salah satu dari inovasi sepeda motor Honda. Namun para maling pun tidak tinggal diam begitu saja karena mereka ikut memperbarui kemampuannya dengan cara mencari celah kelemahan sebuah pengaman sepeda motor yang paling baru sekalipun.

Dalam melakukan aksinya, seorang maling akan memilih sasaran paling mudah dimana mereka akan melakukan tindakan kriminalnya itu dengan cara cepat dan tepat. Agar sepeda motor kita tidak jadi sasaran mereka, maka buatlah para maling ini kesulitan ketika akan mencuri kendaraan kita sehingga mereka mengurungkan niatnya memilih motor kita sebagai sasaran karena terlalu repot dan beresiko bagi mereka jika harus berlama – lama mencuri kendaraan milik kita.

Berikut inilah 4 alat sederhana yang ampuh untuk mempersulit maling motor :

1. Ganti Kunci Starter

Harga: Rp 40-50 ribu

Estimasi waktu bobol: 1-2 menit

Meski kunci motor kita sudah dilengkapi dengan key shutter, nyatanya itu tidak membuat kita aman dari maling. Konon katanya, untuk membobol satu rumah kunci hanya memerlukan waktu di bawah dua menit, dengan menggunakan kunci T dan kunci-kunci sejenisnya.

2. Pakai Gembok

Harga: sekitar Rp 50-100 ribu

Estimasi waktu bobol: 3 menit

Omongan orangtua kita memang bukan asal. Nyatanya, kunci ganda atau gembok lumayan ampuh buat merusak kerja si penjahat. Gunakan gembok tipe hardened di rantai atau cakram motor. Hal ini akan jauh menyulitkan pencuri dan menambah waktu untuk membongkar gemboknya.

3. Gunakan Alarm

Harga: Rp 120.000

Estimasi waktu bobol: 8-10 menit.

Sama seperti mobil, motor juga bisa dipasangi alarm. Sistem kerjanya juga tidak beda jauh sama mobil. Kalau motor kita akan dicuri, nantinya alarm ini akan menyala dengan sendirinya. Nah, biasanya alarm ini akan dihubungkan dengan kelistrikan pada motor. Buat kita yang mau pasang alarm, usahakan taruh alarm ini di tempat-tempat yang sulit dijangkau, seperti bagasi motor. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan memasang alarm ini. Pertama, yaitu alarm motor akan menyala jika terjadi suatu hal yang nggak diinginkan. Kedua, kita bisa starter dan mematikan mesin dengan remote yang sudah terintegrasi. Jadi, kalau motor kita dirampas di jalan raya, kita tinggal mematikan dengan menekan tombol remote. Seketika, mesin motor kita akan langsung mati.

4. Secret Key

Harga: Rp 60-200 ribu

Estimasi waktu jebol: > 10 menit

Alat yang satu ini juga sangat ampuh. Namanya juga kunci rahasia, yang tahu tempatnya cuma kita saja. Sistem kerjanya juga sangat keren. Selain si punya motor, tidak akan ada orang lain yang bisa menyalakannya. Soalnya, kunci ini memang diletakkan dengan sangat rahasia. Tingkat kesulitannya ada di atas alarm motor. Maling akan cukup kesulitan untuk mencari kunci ini. Meski ia sudah berhasil membobol rumah kunci dan posisi kunci sudah ON, motor nggak bakal menyala, kecuali kalau kita mengaktifkan si kunci rahasia ini. tempatnya bermacam-macam. Bisa ditaruh di lampu sein, klakson, atau tempat-tempat tersembunyi lainnya. intinya, sesaat kita mematikan mesin kendaraan, maka kunci rahasia ini akan aktif dengan sendirinya.