Diduga Tercemar Limbah, Ribuan Ikan Milik Petani Mati di Deliserdang

Diduga Tercemar Limbah, Ribuan Ikan Milik Petani Mati di Deliserdang

Foto: Ilustrasi Ikan Mati (Int)

Sipayo.com  – Ribuan ekor ikan air tawar milik petani kerambah, di Suka Mandi Hulu, Kecamatan, Pagar Merbau, Kabupaten Deliserdang, mati, di duga akibat pencemaran limbah milik PTPN II.

Air sungai kenang yang ada, di Desa Sukamandi Hulu, Kecamatan Pagar Merbau, Kabupaten Deliserdang berubah warna. Jika sebelumnya air sungai, di sebut warga sangat jernih, sekarang sudah tampak berwarna hitam dan bau.

Belum di ketahui secara pasti mengapa air sungai bisa berubah warna. Namun kejadian ini, sangat mengherankan, lantaran sebelumnya tak pernah terjadi.

Akibat perubahan warna air tersebut, ribuan ekor ikan nila petani di dalam kerambah sungai menjadi bermatian. Dari foto-foto dokumentasi milik petani, terlihat ribuan ikan mati dan mengapung di jaring maupun, di pinggiran sungai kenang.

Warga menduga penyebab matinya ikan–ikan milik petani ini, disebabkan tercemar adanya limpahan limbah dari perusahaan sawit milik PTPN II yang dialiri, dari sungai Kenang.

Para petani tambak berharap otoritas daerah seperti dinas lingkungan hidup, atau DLH, di Kabupaten Deliserdang, mengusut pencemaran air di sungai kenanga.

Akibat tercemar limbah hingga petambak mengalami kerugian ratusan juta rupiah.