Etnis Rohingya Mengungsi dari Myanmar Karena Mencari Tempat yang Aman

Etnis Rohingya Mengungsi dari Myanmar Karena Mencari Tempat yang Aman

Foto: Pengungsi Rohingya di Belawan

Sipayo.com – Para pengungsi Rohingya mengaku sangat senang tinggal di Indonesia ketimbang kembali ke negara asalnya, karena takut akan dibunuh. Sementara di tempat penampungan, mereka diajarkan mengaji serta mendengarkan tausiah agama, sehingga mereka merasa aman dan tenteram berada di rumah detensi Belawan.

Menurut salah satu pengungsi Rohingya, Muhammad Thaib, yang sudah delapan bulan berada di Indonesia, mengaku masih ada familinya yang berada di Myanmar, dan ada juga yang sudah tewas, akibat ditembak tentara Myanmar.

Dirinya mengaku datang ke Indonesia melalui negara Malaysia, dengan menggunakan perahu. Kemudian setiba di Indonesia, diantar oleh warga Indonesia ke kantor Imigrasi Belawan.

Muhammad Thaib meninggalkan negaranya, karena situasinya rusuh, sedangkan tentara Myanmar tidak suka, dengan etnis Rohingya. Oleh demikian, mereka terpaksa melarikan diri keluar dari Myanmar.

Para pengungsi etnis Rohingya mengaku tidak berani kembali ke Myanmar, karena takut, apabila kembali ke Myanmar mereka akan dibunuh. Sementara di rumah detensi Imigrasi Belawan, mereka diajarkan mengaji serta sering mendengarkan tausiah agama, sehingga mereka merasa aman dan tenteram.