Menikmati Kuliner Kepiting Lada Hitam Khas Tanjung Pura

Menikmati Kuliner Kepiting Lada Hitam Khas Tanjung Pura

Foto: Ilustrasi Kuliner Kepiting Lada Hitam

Sipayo.com – Tanjung pura salah satu kota tua peninggalan kesultanan Langkat, Bukan saja terkenal dengan kota dodol. Ketika memasuki kota ini, kurang sah kiranya kalau kita tidak menikmati jenis makanan seafood seperti yang satu ini, kepiting lada hitam. Mendengar namanya saja sudah menggugah selera.

Kalau anda ingin merasakan berbagai macam parian rasa seafood, anda dapat singgah ke rumah makan pondok santai yang berada di jalan Lintas Sumatera, Jalan Sheky Yusuf, Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat. Suasana di tempat ini bukan saja menawarkan berbagai macam sajian seafood yang menggugah selera anda.

Sambil menunggu koki memasak, pengunjung dapat menikmati pemandangan sungai batang serangan, ditambah lagi angain sepoy-sepot yang berhembus melambai nambah selera makan anda.

Satu porsi kepiting lada hitam biasanya dibandrol berfariasi. Tergantung keinginan pembeli, namun yang besar yang bertelur biasanya satu porsi ukuran setengah kilogram dibandrol seharga 35 Ribu rupiah.

Anda juga diperbolehkan langsung menyaksikan proses cara memasak kepiting lada hitam, sekalian belajar memasak. Dengan menggunakan bahan lada hitam, cabe merah, bawang putih, bawang merah, daun pre, kecap hitam madu. Setelah racikan bumbu disatukan, kepiting yang sudah dibersihkan lalu dimasak.

Biasanya pengunjung yang datang ketempat ini, berasal dari Aceh dan Kota Medan yang sengaja singgah ke cafe ini untuk merasakan berbagai macam seafood yang ada ditempat ini, seperti kepah tauco, kerang saus padang, udang gala saus lada dan berbagai macam kuliner seafood lainya.

Menurut koki cafe ini, Rizal, resep memasak kepiting lada hitam menggunakan bahan lada hitam, kecap, gula, garam, telur dan madu.

Sementara menurut Saadah, seorang pengunjung asal aceh, dia setiap kali melintas dari aceh menuju Stabat pasti singgah ke Cafe Pondok santai untuk memesan seafood kepiting lada hitam dan kepah tauco. Rasa kepiting lada hitam ini ada rasa pedas, manis, gurih dan asinya juga pas, yang pasti rasanya maknyos.

Jadi, kalau anda yang melintas ditempat ini anda harus mencoba beraneka ragam seafood disini. Sekali mencoba anda pasri tidak akan melupakan rasanya sampai ketempat tujuan.