Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Sinabung Kembali Erupsi

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Sinabung Kembali Erupsi

Foto: Aktivitas Vulkanik  Gunung Sinabung

Sipayo.com – Gunung api sinabung hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda penurunan aktivitas. Bahkan beberapa hari terakhir, gunung sinabung kembali erupsi dengan menyemburkan gumpalan abu vulkanik yang pekat, dan mengarah ke timur tenggara dengan ketinggian kolom mencapai 1500 meter.

Pusat vulkanologi mitigasi bencana geologi mencatat, sejak rabu pagi hingga malam, sudah terjadi 2 kali erupsi yang di sertai dengan gempa guguran, dengan pertumbuhan kubah lava yang terus membesar. Namum belum dapat dilakukan pengukuran volume kubah lava akibat puncak gunung api sinabung masih tertutup kabut.

Akibat masih tingginya aktifitas gunung api sinabung pusat vulkanologi mitigasi bencana geologi PVMBG terus menghimbau agar warga tidak beraktifitas di zona merah dan meningkatkan kewaspadaan.

Warga yang berada di aliran sungai lau borus dan aliran yang di lalui laharan juga diminta untuk tetap waspada terhadap terjadinya banjir lahar dingin, mengingat curah hujan yang cupuk tinggi hingga saat ini.

Gunung api sinabung hingga kini masih tetap berstatus awas level IV, dan belum menunjukkan adanya tanda-tanda penurunan aktivitas, dan disarankan kepada seluruh masyarakat yang tinggal di seputaran lereng sinabung tetap waspada.(I.G.S)