Pengungsi Keluhkan Sewa Lahan Dan Rumah

Pengungsi Keluhkan Sewa Lahan Dan Rumah

Foto: Pengungsi Gunung Sinabung 

Sipayo.com – Pengungsi korban erupsi gunung api sinabung mengeluh dengan minimnya dana sewa lahan dan rumah yang rencananya akan diserahkan Pemkab Kabupaten Karo kepada para pengungsi. Pasalnya nilai yang dijanjikan tidak sesuai dengan harga sewa rumah dan lahan pertanian.

Pemerintah Kabupaten Karo, berencana akan segera mengosongkan seluruh posko pengungsian korban erupsi sinabung yang tersebar dibeberapa Kecamatan, di Kabupaten Karo.

Namun rencana pengosongan ini mendapat penolakan dari sebahagian pengungsi. Pasalnya dana senilai Enam Juta Empat Ratus Ribu Rupiah yang dijanjikan pemerintah Kabupaten Karo, akan diberikan kepada para pengungsi, tidak sesuai dengan harga sewa rumah dan sewa tanah pertanian yang nantinya mereka tempati secara mandiri.

Sementara para pengungsi mengaku, mereka juga harus memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, termasuk kebutuhan sekolah anak-anak mereka.

Namun Pemkab Karo mengaku telah mulai melakukan pendataan, khusunya bagi yang mendapat rumah hunian tetap dan rumah hunian sementara. Sementara bagi pengungsi yang tidak mendapatkan kedua hunian ini, akan di berikan uang sewa rumah dan sewa lahan senilai 1.400.000 rupiah. (I.G.S)