Umat Hindu di Kota Medan Rayakan Hari Kemengan Deepavali

Umat Hindu di Kota Medan Rayakan Hari Kemengan Deepavali

Foto: Ilustrasi Rayakan Hari Kemengan Deepavali

Sipayo.com – Ribuan umat hindu tamil, dari berbagai daerah, di Sumatera Utara, rabu siang melaksanakan sembahyang dalam rangka merayakan hari kemenangan deepavali di Kuil Mariaman Medan. Perayaan hari raya ini disambut gembira bagi umat tamil di seluruh dunia.

Dengan mengenakan pakaian adat India, dengan penuh gembira umat tamil mendatangi Mariaman Kuil di Jalan H.Zainul Arifin Medan, untuk beribadah.

Dengan diiringi gendang, para pemuda dan pemudi tamil membawakan sejumlah lagu-lagu pujian yang diikuti oleh seluruh umat yang hadir. Selanjutnya, memanjatkan doa dengan menyembah seluruh patung dewa yang ada di dalam kuil tersebut.

Salah seorang pendeta, Candra Dose mengatakan, perayaan deepavali ini memiliki arti cahaya kebenaran yang setiap tahunnya di rayakan di akhir bulan Oktober dan bisa juga di awal November. Seluruh umat hindu dari berbagai negara hadir, di kuil mariaman ini untuk merayakan deepavali,
dengan harapan, menciptakan kerukunan dan kedamaian umat

Sementara itu, salah seorang warga, Saroja Dewi mengatakan, sebelum merayakan deepavali umat hindu tamil menjalankan puasa pertasi, dan tahun ini selesai puasa tersebut, di tanggal 17 dengan harapan mendapatkan berkah dan umat hindu bersatu padu merayakan deepavali, dengan menjauhkan rasa iri dan dengki.

Perayaan deepavali ini nantinya diharapkan dapat memberikan jalan kebenaran dan cahaya bagi umat hindu, di seluruh dunia. (I.G.S)