Ditunda, Sidang Praperadilan Jonru Ginting Terancam Batal, Berikut Penyebabnya

Ditunda, Sidang Praperadilan Jonru Ginting Terancam Batal, Berikut Penyebabnya

Jonru Ginting (int)

Sipayo.com – Sidang Praperadilan yang diajukan oleh tersangka kasus ujian kebencian Jonru Ginting terancam batal. Hal ini disebabkan karena penundaan sidang praperadilan Jonru selama sepekan kedepan oleh hakim tunggal Lenny Wati Mulasimadhi. Putusan penundaan ini disebabkan karena termohon kedua yakni Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dianggap tidak menghadiri sidang karena tidak membawa surat kuasa.

Berkas perkara yang Jonru yang sudah dilimpahkan Polisi kepada Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta untuk diteliti kelengkapannya. Apabila Jaksa menyatakan berkas pemeriksaan Jonru sudah lengkap, maka otomatis sidang praperadilan Jonru dinyatakan gugur dan hanya memiliki kesempatan membela diri di persidangan nantinya.

“Ini, kan, sudah tahap 1. Kalau tahap 2 (penyerahan barang bukti dan tersangka) nanti jaksa melimpahkan (perkara) ke pengadilan, enggak apa-apa,” kata Kabid Hukum Polda Metro Jaya Kombes Agus Rokhmat, Senin (6/11).

Agus juga menyampaikan tidak akan menghalangi pihak Jonru untuk melakukan upaya praperadilan. Namun dia juga menyebutkan bahwa melengkapi berkas perkara merupakan kewajiban dari penyidik.

“Kami ikuti prosedur hukum yang berlaku, kewajiban penyidik melengkapi alat bukti,” ujar Agus.

Agus juga menyebutkan bahwa jika praperadilan batal digelar nantinya merupakan sebuah konsekuensi hukum yang biasa. Namun demikian Agus menegaskan bahwa Kepolisian akan mengikuti proses yang ada.