Ini 5 Rahasia Sukses Keberhasilan Jack Ma Sebagai Seorang Teknopreneur

Ini 5 Rahasia Sukses Keberhasilan Jack Ma Sebagai Seorang Teknopreneur

Foto: Jack Ma

Sipayo.com – Jack Ma pendiri Alibaba kerap menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat dunia. Keberhasilan dirinya membangun kerajaan e-commerce mulai dari titik nol hingga menjadi perusahaan teknologi raksasa yang disegani di tingkat global menjadi alasannya.

Menjadi sukses seperti sekarang butuh waktu yang cukup panjang. Jack Ma membangun Alibaba sejak 18 tahun lalu. Lalu bagaimana pria kelahiran 10 September 1964 tersebut membangun kerajaan bisnisnya mulai dari awal hingga kini?

Saat didaulat sebagai pembicara pada kompetisi startup Jumpstarter 2017 di Hong Kong, Jack Ma mengungkapkan 5 rahasia suksesnya kepada kaum milenial. Berikut tips sukses sebagaimana diungkapnya:

1. Optimisme
Menurut Jack Ma, seorang pengusaha harus mempunyai bekal optimisme tinggi, sebab itu yang akan mengantarkannya mengatasi persoalan saat menjalani usaha. “Anda harus mempertahankan optimisme. Selalu optimis. Entrepreneur yang baik itu optimis untuk masa depan. Selanjutnya, Anda harus mencari tahu mengatasi masalah dan bagaimana Anda berbeda dari yang lain,” ujarnya.

“Tanya diri Anda, mengapa bisa melakukan lebih baik daripada orang lain yang mencoba hal yang sama,” tambah Jack Ma membeberkan soal tips pertama tentang optimisme kepada generasi muda.

2. Mecari orang yang satu visi
Orang-orang di sekeliling kita turut mengubah segalanya. Jack menjelaskan, perlu mencari orang yang memiliki visi yang sama untuk mencapai sesuatu secara beriringan. “Orang-orang datang untuk bergabung dengan Anda bukan karena ini adalah pekerjaan. Itu karena mereka percaya pada mimpinya, mereka percaya misi tersebut dan mereka percaya ke depannya,” terang Jack Ma.

3. Rela berkorban
Pendiri Alibaba ini juga menceritakan bahwa bukan soal apa yang nanti didapatkan, melainkan harus memikirkan apa yang akan diberikan ke depannya. Jack Ma juga sangat mempercayai adanya proses, bukan soal pencapaian cepat.

“Kami pikir USD 50 ribu itu untuk bertahan 10 bulan. Kami menghitung setiap sen pengeluran kami tapi itu berlangsung kurang dari empat bulan dan hampir bangkrut,” tuturnya saat menceritakan tentang pendanaan awal Alibaba.

4. Jangan fokus pada tren
Jack Ma juga mengatakan bahwa Alibaba dibangun di era internet yang belum sepopuler saat ini. Tapi, ketika itu, ia percaya mengenai toko online dapat bermanfaat pada suatu hari nanti.

“Kami tidak peduli apa yang dikatakan orang lain. Kami pikir itu punya masa depan, kami pikir ini akan membantu orang, jadi kami memulainnya,” ujarnya.

5. Jangan menunggu semua siap
Orang-orang meletakkan pondasi yang kuat dalam mengerjakan sesuatu agar dapat bergerak lebih awal dan cepat. “Jangan menunggu lingkungan siap. Jangan menunggu kebijakan siap. Ketika semuanya sudah siap, di sana tidak ada kesempatan lagi bagi Anda,” terangnya.