Inilah 5 Manfaat Olahraga Tinju Buat Wanita

Inilah 5 Manfaat Olahraga Tinju Buat Wanita

Foto : Ilustrasi Wanita Olahraga Tinju

Sipayo.com – Meski selama ini olahraga tinju kental dengan aura pria, bukan berarti tidak ada wanita yang berani nyebur ke dunia pertinjuan. Terlebih, tinju membawa manfaat kesehatan tersendiri bagi wanita yang rutin.

Berikut inilah 5 manfaat tinju bagi wanita

1. Menguatkan otot lengan dan pundak

Wanita umumnya memiliki lengan yang besar bahkan bergelambir, karena memang simpanan lemaknya lebih banyak daripada pria. Terlebih, Gerakan tinju yang memfokuskan kekuatan pada otot-otot yang berbeda di lengan seperti trisep, bisep, dan bahu dapat membantu menguatan tubuh bagian atas sekaligus mengencangkan lengan.

2. Bakar kalori lebih banyak

Dari semua cabang olahraga, tinju merupakan salah satu jenis olahraga yang membutuhkan sekaligus menguras paling banyak tenaga. Jika dilakukan secara teratur, manfaat tinju sebagai cara yang efektif untuk menurunkan berat badan dapat Anda rasakan. Rata-rata, satu jam latihan tinju dapat menghabiskan hingga 200-300 kalori. Selain itu, olahraga tinju juga dapat meningkatkan kebugaran jantung dan paru. Semakin Anda melakukannya dengan rutin dan teratur, detak jantung akan semakin teratur dan paru-paru Anda akan lebih efektif untuk mengambil napas. Dalam jangka panjang, hal ini membuat tubuh semakin bugar.

3. Melatih otot tubuh bagian inti dan meratakan perut

Otot inti adalah serangkaian otot yang membentang mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga di sekitar panggul. Otot inti berperan menstabilkan dan melindungi tulang belakang, dan saling bekerja sama dalam hampir setiap gerakan tubuh manusia. Namun hanya karena tubuh Anda bugar, tidak berarti Anda memiliki otot inti yang kuat. Semua gerakan yang berpadu selama Anda bertinju, baik ketika menyerang atau bertahan, dapat benar-benar memperkuat inti otot Anda. Melatih otot inti akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk mencapai kebugaran tubuh yang optimal serta mendapatkan bentuk perut rata,

4. Melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh wanita

Gerakan tinju yang serba cepat dan spontan membutuhkan Anda untuk selalu sigap menyeimbangkan tubuh untuk bertahan dan/atau bangkit dari kerasnya pukulan lawan. Keseimbangan tubuh yang baik juga diperlukan ketika Anda akan melawan balik supaya tidak oleng terjatuh saat mengayunkan pukulan. Manfaat tinju yang melatih kekuatan otot inti dapat membantu membentuk postur tubuh yang baik. Mendapatkan fleksibilitas dan stabilitas otot perut, punggung, dan tulang belakang lewat bertinju juga mengurangi keausan tulang belakang serta mengasah keterampilan motorik halus. Ini membuat Anda bisa bereaksi lebih cepat dan tetap seimbang pada permukaan yang tidak stabil atau ketika merespon gerakan yang tiba-tiba. Pada akhirnya, postur dan keseimbangan tubuh yang baik dapat mencegah Anda dari risiko cedera.

5. Meredakan stress

Manfaat tinju untuk wanita ternyata tidak hanya berhenti sampai kebugaran fisik saja. Memukul samsak atau sparing bersama teman tinju dapat membantu Anda mengelola emosi dengan cara yang lebih sehat. Dengan bertinju, Anda bisa meluapkan emosi atau amarah yang terpendam di dalam hati. Emosi atau beban pikiran yang dibiarkan menumpuk dapat membuahkan banyak masalah kesehatan di kemudian hari.