Inilah Cara Ampuh Mengusir Ular dari Rumah dengan Menggunakan Air Seni Tikus

Inilah Cara Ampuh Mengusir Ular dari Rumah dengan Menggunakan Air Seni Tikus

Foto: Ilustrasi Ular

Sipayo.com – Hampir sebagian besar orang pasti merasa geli sekaligus ngeri jika mengetahui bahwa rumahnya menjadi tempat bersarang bagi hewan yang sangat berbisa. Apalagi, hewan yang sangat berbisa itu adalah ular.

Hanya dengan membayangkan menemukan seekor hewan melata itu meliuk-liuk di kamar tidur atau toilet rumah saja mampu membuat merinding sejumlah orang. Akan semakin menakutkan jika hewan melata itu bersarang di tempat tersembunyi dan tidak diketahui oleh penghuni rumah.

Seorang pakar pengendali hewan liar dan hama dari Tasmania, Australia membeberkan cara jitu untuk mengusir kehadiran ular. Simaklah berikut ini.

Bruce Press, pengendali hewan liar dan hama mengatakan bahwa kombinasi tong plastik dan aroma air seni tikus mampu digunakan untuk memancing serta memerangkap ular di dalam rumah.

Begitu juga mengusir ular dari rumah sejumlah orang merupakan pekerjaan utama Press selama beberapa dekade terakhir. Bak sukarelawan, ia melakukan pekerjaan itu secara gratis atau dengan upah seikhlasnya dari para penghuni rumah yang dibantu. Berikut ini cara press mengusirnya.

Pertama-tama, Press menyiapkan sebuah tong plastik yang cukup besar sesuai dengan ukuran ular yang hendak diperangkap.

Kemudian, tong tersebut diisi beberapa kain lembab yang telah basah oleh urine hewan pengerat, seperti tikus peliharaan dan lainnya. Press sendiri biasa memperolehnya dari peternak tikus lokal di Tasmania.

Tong tersebut kemudian diletakkan dekat dengan tempat ular bersarang di dalam rumah. Perlahan, ular akan mendekati tong plastik tersebut dan lama-kelamaan akan masuk ke dalamnya.

“Cara yang cukup efektif. Ular itu lama-kelamaan akan hinggap di dalam tong dan tertidur di dalamnya. Sehingga, memudahkan saya untuk menangkapnya,” ujar Press.

“Saya letakkan tong plastik itu dan menunggu hingga keesokan hari, sambil berharap ular tersebut mendekat ke alat yang sudah kita siapkan,” tambahnya.

Menurut Press, tong plastik mampu memberikan kehangatan bagi si ular dan aroma urine tikus digunakan untuk memancing indra penciuman hewan melata itu.

“Ular memakan tikus dan mereka bisa mencium molekul urine tikus dari 1.100 meter jauhnya,” katanya. Dan, voila! Press tinggal menutup tong tersebut, membawanya ke luar rumah, dan menempatkan ular itu di alam liar jauh dari pemukiman.

Beberapa tahun terjun di dunia pengendalian ular membuat Press telah banyak makan asam garam. Ia pernah mencoba berbagai trik, mulai dari memerangkap dengan panci goreng, wajan logam, hingga perangkap kreasinya sendiri guna menangkap ular yang bersarang di tempat tersembunyi atau sulit untuk dijangkau.

Namun akhirnya, Press menemukan cara jitu memerangkap hama ular seperti kasus di atas dengan mengombinasikan tong plastik dan air seni tikus.