Jalan Desa Rusak Berat, Warga Karo Kirim Surat Terbuka kepada Presiden Jokowi

Jalan Desa Rusak Berat, Warga Karo Kirim Surat Terbuka kepada Presiden Jokowi

Foto: Bupati Karo Tinjau Jalan Rusak di Desa Kutamale

Oleh: Dahsat Tarigan

Kepada Yth. Bapak Presiden Joko Widodo di Jakarta. Ini bukan cerita tapi fakta dari Desa Kutamale, Amburidi di Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo. Kehidupan warga desa yang sangat miris dan menderita pada hal desa itu berada ditengah perusahaan raksasa PLTA dikelola perusahaan asing Korea PT WAMPU ELECTRIC POWER yang asetnya triliunan rupiah dengan kekuatan 3 x 15 MW (dibaca setara dgn PLTA Inalum Sigura-gura Asahan). Sehari saja bisa meraup keuntungan Rp700-800 juta, akan tetapi ironisnya tidak ada CSR ke masyarakat setempat.

Dimana suara Yth. Bapak Ibu DPRD Dapil V? Desa Pemda Karo/Bupati dan PT WEB supaya memperbaiki infrastruktur jalan desa. Jangan hanya datang waktu kampanye saja. Nanti kalau putus jalan itu, semua kita tidak bisa lagi lewat.

Masyarakat perlu tahu, inilah nama-nama DPRD Wakil Rakyat Dapil V itu:

1.Frans Dante Ginting.
2.Onasis Sitepu
3.Edy Eka Suranta
4.Innola Br Ginting
5.Lusia Br Sukatendel
6.Moni Pandia

Kami tidak menuduh Yth. Bapak/Ibu Dewan bermain-main proyek, tapi pertanyaanya, mengapa tidak ada proyek infrastruktur perbaikan jalan dialokasikan ke Desa Kutamale, Ambirudi yang berada di Dapil V?

Apakah karena kalau disini dialokasikan proyek perbaikan jalan tidak ada untung bagi Bapak dan Ibu Dewan, tentulah yang tau jawabnya adalah Bpk dan ibu Dewan sendiri.

Kalau saja bisa berandai-andai, ke-6 Anggota Dewan tersebut mengalokasikan atau memperjuangkan masing-masing anggaran Rp2 miliar, maka jumlahnya akan mencapai Rp12 miliar, maka jalan desa dari Laubuluh-Kutamale-Amburidi-Rih Tengah dan sekitarnya sepanjang 23 km pasti sudah bisa diaspal seluruhnya.

Bukan seperti sekarang hancur lebur dan kami yakin anggota dewan tidak ada pegang proyek, begitu kata orang, entah benar atau tidak terserah, sekarang yang kami minta sebagai rakyat agar anggota dewan mendesak Bupati Karo segara memperbaiki jalan desa Laubuluh-Kutamale-Amburidi karena tak layak lagi disebut sebagai jalan desa.

Desakan ini penting bapak/ibu dewan sampaikan kepada Bapak Bupati, karena beliau sudah langsung turun meninjau ke lapangan bersama masyarakat.

Seharusnya kan tugas dewan yang meninjau lapangan sebagai wakil rakyat bukan sebaliknya? Tapi gak apalah yang paling penting perbaikilah jalan rakyat desa Kutamale itu, sebelum mereka bertindak dengan cara mereka sendiri.

Kepada Bpk Presiden RI, mohon doanya Pak semoga program Infrastruktur yang bapak canangkan berjalan sebagaimana mestinya.

Terima kasih kami ucapkan Bapak Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, serta rombonga yang telah berkenan melihat langsung kampung di Kutamale, Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, pada tanggal 17 November 2017.

Merdeka… Merdeka Indonesia Jaya.