Ribuan Hektar Lahan Pertanian Terdampak Abu Vulkanik Gunung Sinabung

Ribuan Hektar Lahan Pertanian Terdampak Abu Vulkanik Gunung Sinabung

Foto: Ilustrasi Gunung Sinabung

Sipayo.com – Ribuan hektar lahan pertanian warga di Kabupaten Karo, kembali terpapar abu akibat erupsi dan awan panas gunung api Sinabung. Akibat hujan abu
vulkanik ini, warga harus kembali merugi karena tanaman pertanian mereka terancam gagal panen.

Lahan pertanian warga, di Desa Batu Karang, tampak diselimuti debu, akibat terpapar abu vulkanik letusan gunung api Sinabung. Memang dalam bebrapa hari ini, Gunung api secara terus menerus erupsi, hingga memuntahkan awan panas.

Paparan abu vulkanik yang dengan cukup tebal, mengakibatkan ribuan hektar lahan pertanian di Desa Batukarang, terdampak abu dan mengakibatkan petani terancam gagal panen.

Warga hanya dapat pasrah, akibat lahan pertanian dan tananman terpapar abu. Akibat paparan abu vulkanik letusan sinabung ini, warga mengalami kerugian yang cukup besar.

Petani berharap adanya perhatian pemerintah agar mereka dapat kembali memenuhi kebutuhan hidup.

Aktivitas gunung sinabung hingga minggu pagi, belum menunjukkan penurunan aktivitas vulkanik. Pos PVMBG merekam pada dinihari tadi, telah terjadi luncuran awan panas dengan jarak luncur 3.500 meter dan 2.000 meter.

Pada minggu pagi juga masih terjadi erupsi, namum untuk tinggi kolom letusan tidak dapat teramati, karena gunung sinabung tertutup kabut yang tebal. (I.G.S)