Siapakah Sosok Orang Karo yang Layak Disebut Sebagai Pemimpin?

Siapakah Sosok Orang Karo yang Layak Disebut Sebagai Pemimpin?

Foto: Ilustrasi (Net)

Oleh: Alexander Firdaust Meliala

Pemimpin merupakan orang yang mampu mengemban tugas dan tanggungjawab untuk memimpin, mengayomi, sekaligus dapat mempengaruhi orang yang dipimpinnya. Secara umum, masyarakat menginginkan pemimpin yang merakyat, yakni seseorang yang dapat mendengarkan keluhan rakyat, serta mengatasi masalah-masalah yang timbul di tengah masyarakat.

Lalu apakah cukup hanya sampai disitu? Ternyata tidak, tetapi pemimpin juga harus merupakan seorang yang teruji. Teruji secara dedikasi dan konsistensi. Artinya bukan hanya sebagai pemimpin aji mumpung, yang berbuat membantu rakyat ketika ada maunya saja.

Sosok yang secara konsisten turun ke tengah-tengah rakyat tanpa kenal waktu, mendengarkan keluhan mereka, serta berusaha mengatasi segala persoalan rakyat. Sosok seperti inilah yang dapat disebut sebagai pemimpin.

Mengacu kepada pengertian sosok pemimpin sejati yang diinginkan rakyat diatas, apakah saat sekarang ini masih ada sosok orang Karo yang dapat disebut sebagai seorang pemimpin? Berdasarkan pengamatan kami dalam kurun beberapa waktu belakangan, ternyata masih ada.

Berikut adalah beberapa kalangan Karo yang dapat dikatakan sebagai sosok pemimpin, karena terbukti secara konsisten memperjuangkan aspirasi masyarakat.

1. Arya Sinulingga


Meski memiliki segudang pekerjaan yang diembannya sebagai seorang profesional di Jakarta, yakni memimpin koorporasi media raksasa sebesar MNC Group (Jaringan Media terbesar di Asia Tenggara). Namun, dari segudang kesibukan tersebut, Arya Sinulingga masih selalu menyempatkan waktu turun ke tengah-tengah masyarakat, khususnya di Taneh Karo Simalem.

Tidak tanggung-tanggung, Arya justru melakukan hal ini bukan dalam kurun waktu singkat. Namun, hal ini telah dilakoni Arya Sinulingga sejak tahun 2014 lalu. Artinya selama kurun 3,5 tahun belakangan. Arya konsisten membuat berbagai karya yang didedikasikan untuk kepentingan rakyat sirulo.

2. Ruben Tarigan


Sebagai salah satu pimpinan di DPRD Sumatera Utara, Ruben Tarigan juga cukup banyak berbuat terhadap rakyat, khususnya masyarakat Karo. Dikalangan anak-anak muda Karo, kantor Ruben Tarigan di lingkungan DPRD Sumut kerap disebut sebagai ‘rumah rakyat’, sebab kantornya selalu terbuka untuk dikunjungi oleh berbagai kalangan masyarakat, khususnya anak-anak muda Karo dalam beberapa tahun belakangan.

Tak hanya sampai disitu, Ruben Tarigan yang juga sebagai Ketua Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Sumatera Utara kerap menjadi leader dalam mengemukakan seni dan budaya Karo di daerah ini. Sebagai salah satu contohnya adalah pegelaran Karo Festival Karo 2015, salah satu pegelaran seni dan budaya Karo terbesar yang pernah dilaksanakan sepanjang sejarah, merupakan salah satu kegiatan yang diinisiatori oleh Ruben Tarigan.

3. Paham Sebayang

paham sebayang
Paham Sebayang adalah sosok tokoh pemuda Karo yang juga dikenal sebagai Ketua Pemuda Merga Silima (PMS) Sumut. Paham merupakan salah satu sosok pioner dalam mengemukannya organisasi PMS belakangan ini. Setelah dibentuk DPD PMS Sumut yang dikomandoinya pada tahun 2015 lalu, hingga kini PMS telah berkembang pesat hingga jajaran pengurus ranting diseluruh pelosok Sumatera Utara.

4. Gelora Sembiring Pandia

gelora pandia
Gelora Sembiring Pandia merupakan sosok intelektual Karo yang konsisten di dunia organisasi sejak duduk di bangku kuliah. Di kalangan Ikatan Mahasiwa Karo (IMKA) di Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan, Gelora Pandia dikenal sebagai salah satu sosok senior yang konsisten mengkader intelektual-intelektual muda Karo di tatanan IMKA.

Belakangan bersama Pospera Kabupaten Karo, Gelora Pandia bersama rekan-rekan seperjuangannya di Pospera juga konsisten memperjuangkan nasib korban erupsi Gunung Sinabung.

5. Julianus Sembiring

julianus sembiring
Julianus Sembiring adalah salah satu sosok generasi muda Karo yang juga konsisten di dunia organisasi. Julianus juga tetap melakukan kaderisasi terhadap kalangan muda Karo, dalam hal ini membentuk Forum Gerakan Mahasiswa Karo (FORGAMKA), dimana forum ini juga konsisten dalam meperjuangkan aspirasi rakyat yang kerap tidak mendapatkan perhatian dari kalangan pemerintah.

Belakangan FORGAMKA yang dibina oleh sosok Julianus Sembiring juga konsisten dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat adat ulayat Lau Cih yang sedang bermasalah dengan pihak PTPN II.

6. Hendra Gunawan Kaban

hendra kaban
Sebagai seorang yang banyak bergelut di bidang Even Organizer (EO), Hendra Gunawan Kaban juga telah banyak berbuat dalam mengangkatkan citra kesenian Karo, khususnya dalam membawa seniman-seniman Karo turut tampil di panggung-panggung istimewa, salah satunya seperti di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU).

Sebenarnya bukan hanya dibidang Even Organizer, namun Hendra Kaban juga merupakan salah satu tokoh aktivis Karo, yang pada awal reformasi banyak memberikan pemikiran-pemikiran tentang dunia gerakan dan organiasi terhadap kalangan generasi muda Karo pada masa tersebut.

7. Andreas Bangun

andreas bangun
Sosok ini juga dikenal sebagai salah satu aktivis Karo yang dulu semasa kuliah pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Mahasiswa Karo Sumatera Utara (IMKASU). Andreas Bangun juga sebagai salah satu sosok yang banyak berperan dalam membesarkan HMKI Sumut dalam kurun beberapa tahun terakhir. Atas kiprahnya, nama HMKI kembali mengemuka di Sumatera Utara, setelah sempat beberapa tahun vakum sejak 2010 hingga 2015.

Inilah beberapa sosok yang kami lihat memiliki jiwa kepemimpinan dan konsisten berbuat terhadap masyarakat Karo. Mungkin beberapa sosok ini hanyalah bagian kecil dari masih banyak orang-orang Karo berdedikasi lainnya, yang juga layak disebut sebagai pemimpin.

Bagi kam yang masih menemukan sosok-sosok tersebut, dan belum terdapat dalam daftar nama yang kami tulis diatas, mari sama-sama kita sampaikan nama-nama mereka melalui kolom komentar tulisan ini. Hal ini penting, dalam rangka bertujuan untuk menambah semangat kepada kita semua mengemukakan Karo dimasa-masa mendatang. Bujur ras mejuah-juah

*Penulis adalah Pemerhati Karo dan Pendiri Karo Cyber Community