Film Rakut Sitelu Berhasil Dapat Penghargaan di Piala Maya 2017

Film Rakut Sitelu Berhasil Dapat Penghargaan di Piala Maya 2017

Foto: Piala Maya 2017

Sipayo.com – Ajang penghargaan dan apresiasi film Indonesia dari dunia maya, yakni Piala Maya, kembali digelar untuk kali keenam. Pada tahun ini, malam puncak Piala Maya, digelar pada, Sabtu (16/12/2017) di Hatole Sari Pan Fasific, Jakarta Pusat.

Terdapat 30 nominasi yang dilombakan dalam ajang Piala Maya 2017. Nominasi tersebut dibagi dalam 15 kategori teknis film panjang (bioskop), 8 kategori pemeran, dan 7 kategori karya khusus.

Dari 30 nominasi yang diperlombakan, salah satu film yang mengangkat tentang budaya Suku Karo dari Sumatera Utara menjadi pemenang. Adalah film Rakut Sitelu yang berhasil menang dalam kategori Film Dokumentar Pendek Terpilih.

Film Rakut Sitelu yang disutradarai oleh Andy Hutagalung, merupakan film yang mendokumentasikan tentang perubahan sistem kekerabatan masyarakat Karo pasca terjadinya erupsi Gunung Sinabung yang berkepanjangan.

Film yang digarap pada bulan Juli hingga Agustus 2015 tersebut, sebelumnya juga sudah pernah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di tahun yang sama.

Berikut trailer film Rakut Sitelu yang sudah diunggah akun Media Identitas di Youtube, yang sudah ada sejak tahun 2015 lalu: