Ini 5 Sosok Tokoh Terbaik dari Nias Dibidang Pendidikan dan Politik

Ini 5 Sosok Tokoh Terbaik dari Nias Dibidang Pendidikan dan Politik

Foto: 5 Sosok Tokoh Terbaik dari Nias 

Sipayo.com – Ada 5 tokoh yang berhasil mengharumkan nama Nias dibidang pendidikan dan politik, tokoh tersebut dapat memotivasi dan sebagai contoh untuk mendorong seluruh masyarakat untuk menampilkan kebolehan dalam pendidikan dan perpolitikan.

Adapun ke lima tokoh-tokoh yang dimaksut adalah sebagai berikut.

1.Yasonna Hamonangan Laoli

Masyarakat Nias patut berbangga karena salah satu puteranya telah terpilih menjadi seorang menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam kabinet Jokowi-JK. Yassona H. Laoli lahir disorkam, Tapanuli Tengah, 27 mei 1953. Beliau sebelumnya duduk sebagai anggota DPR-RI dikomisi II pada periode 2004-2009. Ia merupakan politisi PDI-P. Latar belakang beliau sebagai aktivis organisasi, akademisi, intelektual, dan pimpinan diperguruan tinggi. Beliau meraih gelar Doktor setelah menyelesaikan studi di North Carolina State University Raleight, Amerika tahun 1994.

2.Prof. Suahasil Nazara SE, MSc, PhD

Merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Beliau juga merupakan guru besar terbaik di UI. Beliau dikukuhkan pada tanggal 10 maret 2012 seperti dilansir oleh website resmi Universitas Indonesia pada tanggal 17 maret 2012. Pak Nazara merupakan lulusan S3 University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika.

3. Prof. Dr. Taliziduhu Ndraha (alm)

Lahir di Nias, 18 Mei 1935. Menyelesaikan studi S1 di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri Malang. Lalu melanjutkan studi di Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan Univ. Brawijaya Malang. Selanjutnya di Lembaga Pendidikan Doktor Universitas Gadjah Mada. Beliau merupakan tokoh pengajar diberbagai Universitas negeri dan swasta. Bahkan merupakan salah satu pendiri Akademi Pembangunan Desa diBekasi dan juga pendiri Fakultas Ilmu social dan Politik di Universitas Brawijaya Malang. Karir terbaik beliau adalah Guru Besar IPDN. Beliau meninggal pada tanggal 11 september 2012.

4.Firman Jaya Daeli

Tokoh politik ini lahir pada tanggal 14 Desember 1968. Beliau merupakan tokoh Nias Barat. Bapak Firman Jaya Daeli merupakan mantan anggota DPR-RI dari Partai PDI-P

5.Prof. Dr. Fakhili Gulo

Prof. Dr. Fakhili Gulo adalah salah satu putera nias yang membanggakan didunia pendidikan. Beliau merupakan Guru Besar pada Jurusan Kimia diFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya Palembang. Tokoh ini lahir diFadorohili pada 09 November 1964. Setelah menamatkan sekolah menengah atas di SMAN Sirombu, Dr. Fakhili mengambil gelar Bachelor of arts in education bidang chemistry and education di Universitas Negeri Medan. Kemudian melanjutkan studi ke Universitas Gadjah Mada untuk program master of science dibidang kimia.