Ini Sosok Perempuan Terkaya di Indonesia dengan Harta Rp 11 Triliun

Ini Sosok Perempuan Terkaya di Indonesia dengan Harta Rp 11 Triliun

Foto : Arini Sarraswati Subianto

Sipayo.com – Dua nama perempuan wanita yaitu Arini Sarraswati Subianto dan Kartini Muljadi masuk dalam laporan teranyar Majalah Forbes bertajuk Indonesia’s 50 Richest 2017 sebagai wanita terkaya Indonesia.

Dimana, Arini Subianto, yang saat ini masih berumur 46 tahun, menempati peringkat 37 dari 50 orang terkaya di Indonesia. Total kekayaannya mencapai 820 juta dolar AS atau setara Rp 11 triliun (kurs Jisdor Rp 13.514/dolar AS).

Ketika ayahnya yang seorang konglomerat, Benny Subianto, meninggal pada Januari 2017, Arini mengambil alih kendali perusahaan. Arini kini menjabat sebagai Direktur Utama Persada Capital Investama, perusahaan induk milik keluarga.

Arini yang kini mengawasi semua investasi Persada dalam segala hal mulai dari produk pengolahan kayu dan minyak sawit sampai pengolah karet dan batubara. Portofolio Persada mencakup 5% saham Astra International dimana Benny memulai kariernya sebagai salesman dan sekitar 12% dari raksasa batubara, Adaro Energy.

Sementara wanita kedua yang menempati deretan 50 besar orang terkaya di Indonesia yaitu Kartini Muljadi. Perempuan yang kini berusia 87 tahun ini menempati posisi 44 orang terkaya di Indonesia dengan total harta senilai 680 juta dolar AS atau setara Rp 9,1 triliun.

Kartini Muljadi adalah seorang pengacara dan mantan hakim. Kartini Muljadi & Rekan (KMR) merupakan salah satu firma hukum komersial dan korporasi yang paling berpengaruh di Indonesia. Dia juga pengusaha, memiliki saham di perusahaan farmasi milik keluarga, PT Tempo Scan Pacific Tbk.