Kelompok Tani Tuding Pihak PTPN Bayar Petugas Okupasi Lahan di Hamparan Perak

Kelompok Tani Tuding Pihak PTPN Bayar Petugas Okupasi Lahan di Hamparan Perak

Foto: Kelompok Tani Hamparan Perak di Lokasi PTPN II

Sipayo.com – Aksi okupasi atau pembersihan lahan di lokasi pertanian warga penggarap yang dilakukan PTPN II, mendapat kecaman dari para kelompok tani, di Desa Klambir, Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang. Para petani menuding, pihak perkebunan menggunakan petugas bayaran untuk membersihkan lahan.

Pengrusakan lahan pertanian seluas 254 hektar milik anggota kelompok tani mekar jaya, di Desa Kelambir dan Desa Sialang Muda, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, di sesalkan anggota kelompok tani dan warga sekitar.

Pihak perkebunan PTP Nusantara Dua, Kebun Buluh Cina, mengerahkan ratusan personil keamanan, terdiri dari personil tni, kepolisian, Satpol PP, guna mengusir paksa anggota kelompok tani.

Pasalnya saat berlangsung pembersihan lahan, sejumlah ibu rumah tangga mendapat perlakuan tidak menyenangkan, melalui pemaksaan agar tidak menghalangi alat berat memasuki lahan pertanian.

Belasan alat berat, dengan di kawal aparat keamanan, mengawal pengrusakan tanaman kelompok tani, seperti pohon pepaya, jagung, pisang, terong dan ubi.

Massa dari kelompok tani, berencana akan mengadukan aksi pengrusakan oleh pihak perkebunan PTP Nusantara Dua Kebun Buluh Cina, kepada Komnas Ham.

Massa kelompok tani, berharap pihak perkebunan menghentikan pengrusakan tanaman pertanian warga, sebelum adanya kesepahaman antara warga dengan pihak PTPN II. (I.G.S)