2 Calon Independen Gugur, Pilkada Deliserdang Hanya Diikuti Satu Paslon

2 Calon Independen Gugur, Pilkada Deliserdang Hanya Diikuti Satu Paslon

Foto : Pilkada Serentak 2018

Sipayo.com – Dua bakal pasangan calon yang mendaftar pada Pilkada Kabupaten Deliserdang tahun 2018, Sofyan Nasution-Jamilah dan Mion Tarigan-Zainal Abidin, dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Kedua calon independen itu disebut tidak dapat memenuhi jumlah berkas dukungan yang disyaratkan KPU untuk mendaftar. Dengan kondisi itu, Pilkada kabupaten yang mengepung Kota Medan itu berpotensi hanya diikuti satu pasangan calon, yakni bakal calon Azhari Tambunan-Ali Yusuf Siregar, yang merupakan bakal pasangan petahana.

“Pendaftaran ada 3 bakal pasangan calon. Dua paslon perseorangan tidak memenuhi jumlah dukungan KTP yang harus dipenuhi. Mereka ditolak,” kata Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga kepada Wartawan, Senin (22/1/2018).

Pada masa perbaikan syarat calon 18-20 Januari 2018, kedua pasangan calon jalur perseorangan itu juga tidak terpenuhi dukungannya. Atas hal itu, mereka tidak mendapatkan tiket Pilbup Deli Serdang.

Sementara itu, incumbent yang didukung 11 partai politik, Ashari Tambunan dinyatakan berkasnya lengkap. Dalam pesta demokrasi ini, Ashari didampingi Ali Yusuf Siregar. Ke-11 partai itu yakni Golkar, PDIP, PAN, PKS, PKB, PKPI, Hanura, Demokrat, PPP, Gerindra dan NasDem.

Secara terpisah, Ketua KPU Deli Serdang Timo Dahlia Daulay mengatakan hal yang sama. Dua bakal pasangan calon yang maju melalui jalu perseorangan ditolak karena tidak memenuhi jumlah dukungan KTP. Sebelumnya, awal syarat dukungan KTP yang harus dipenuhi 87.496.

“Bakal paslon yang mendaftar tiga. Dua bakal paslon perseorangan belum memenuhi syarat dukungan KTP,” katanya.