5 Cara Ampuh Meredakan Emosi yang Memuncak

5 Cara Ampuh Meredakan Emosi yang Memuncak

Foto : Ilustrasi Emosi

Sipayo.com – Terkadang emosi datang tanpa disangka. Ketika beban kerja berat, banyaknya tugas yang belum selesai dan membuat otak dan pikiran kusut, atau sebab-sebab lain. Apalagi di saat sibuk luar biasa, tengah dalam tekanan kerja dan memeras otak dan jiwa serasa amat tertekan, potensi emosi cepat tersulut bila pun hanya dipicu oleh hal-hal kecil dan sepele. Mungkin Anda pernah mengalami hal serupa.

Namun, kemampuan orang dalam mengatasi kemarahan pun berbeda-beda, bila Anda sulit untuk mengatasi emosi, berikut inilah lima cara mengatasinya.

1. Tulis Apa yang Membuatmu Emosi

Bila Anda selalu merasa emosi dan gampang marah dengan banyak hal. Cobalah luangkan beberapa waktu dan berpikir apa hal terakhir yang membuat Anda sangat kesal. Sehingga mengetahui hal apa saja yang membuat Anda emosi dan menjadi solusi dari kemarahan Anda.

2. Menjauhi Orang yang Membuat Anda Emosi

Bila Anda sedang mengerjakan tugas kelompok dan mengalami beberapa perbedaan pendapat, jangan buru-buru meluapkan emosi dan mengacaukan segala hal. Atasi dengan mengubah topik pembicaraan atau mengakhiri obrolan dengan menyetujui perkataannya. Bila hal ini masih tidak bekerja pada Anda, solusi terakhir adalah menjauhi orang yang membuat Anda emosi.

3. Menenangkan Diri Sendiri

Cobalah untuk tarik nafas dalam-dalam dan pejamkan mata ketika emosi sedang meluap-luap. Usahakan untuk menenangkan diri walaupun sulit untuk dilakukan, atau alihkan pikiran Anda ke hal yang lain dan tetap tenang.

4. Cerita Kepada Teman Anda

Hal yang paling melegakan adalah menceritakan hal yang menjadi unek-unek Anda. Memendam segala hal sendirian tidak akan membantu Anda menyelesaikan masalah. Untuk itu, bagi cerita Anda dengan orang yang dapat dipercaya. Bercerita kepada orang yang tepat akan membantu Anda memberikan solusi yang tepat pula.

5. Instropeksi Diri

Dari sekian banyak hal yang membuat Anda mudah emosi bisa jadi sebagian emosi muncul dari diri Anda sendiri. Hindari untuk menyalahkan orang lain, biasakan untuk tanya kepada diri sendiri apa yang membuat Anda emosi. Luangkan waktu untuk menginstropeksi diri dan minta maaf bila terlanjur menyalahkan teman Anda.