Begini 4 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone yang Lelet

Begini 4 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone yang Lelet

Foto : Ilustrasi

Sipayo.com – Suatu hal yang sangat menyebalkan ketika smartphone yang kita miliki itu sangatlah lelet, apalagi saat kita sangat butuh waktu cepat untuk mencari informasi atau bahkan ingin menyelesaikan tugas. Namun, kita selalu menyalahkan smartphone yang kita miliki, tapi bisa saja kerena kapasitas Random Access Memory (RAM) pada smartphone sudah terlalu penuh.

Banyaknya aplikasi terinstall menjadi kemungkinan besar penyebab kapasitas RAM penuh. Sebagai pengguna bijak dan pandailah merawat smartphone milikmu agar performanya tetap stabil. Daripada smartphone jadi lelet.

Berikut inilah 4 cara ampuh mengatasi smartphone yang lelet

1. Hapus aplikasi yang jarang kamu gunakan

Memiliki banyak aplikasi dalam smartphone tentu sangat mengasyikan. Semakin banyak aplikasi, semakin canggih pula smartphone milikmu. Tapi jika aplikasi itu jarang diigunakan, tentu membuat memori RAM smartphone terpakai sia-sia dan justru akan berdampak negatif pada RAM nanti. Perlahan, smartphonemu justru jadi lelet untuk membuka aplikasi bahkan sekedar membuka kunci layar. Dimana, menghapus aplikasi yang jarang kamu gunakan adalah cara terbaik untuk mencegah smartphone jadi lelet.

2. Gunakan Aplikasi RAM Manager

Selain menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan, cara kedua agar smartphone nggak lelet adalah mengandalkan bantuan aplikasi RAM manager. Aplikasi ini berguna agar smartphone milikmu dapat menyesuaikan kebutuhan RAM untuk menjalankan aplikasi.

3. Atur Lagi Media Penyimpanan Internal

Terakhir adalah melakukan manajemen pada media penyimpanan internal smartphone milikmu. Jangan dibiarkan, kalau memori internal sudah penuh. Sebaiknya pindahkan dokumen, foto, atau video ke memori eksternal. Sebab memori internal dipersiapkan hanya untuk menyimpan beberapa file aplikasi yang terinstal pada smartphone.

4. Pilih Smartphone dengan kapasitas RAM besar

Pengguna smartphone masa kini lebih banyak menjalankan aplikasi mulai dari sosial media, photography, musik, dan aplikasi lainnya secara bersamaan. Maka itu dibutuhkan smartphone yang menyediakan RAM besar supaya bisa menjalankan banyak program sekaligus tanpa mengalami lagging alias lelet.