Ini Daftar 5 Film Terbaik Indonesia Sepanjang Tahun 2017

Ini Daftar 5 Film Terbaik Indonesia Sepanjang Tahun 2017

Foto: Ilustrasi

Sipayo.com-Walau tahun 2017 telah lewat, tapi film di tahun tersebut terus menunjukan performa apik baik dari segi kualitas hingga jumlah penonton yang didapat.

Meski pun tahun 2017 perfilman nasional didominasi oleh tema horror, beberapa sutradara membuktikan bahwa kualitas horror film Indonesia sudah meninggalkan era pamer seksualitas.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tema drama dan komedi juga tetap memegang pasar tersendiri di perfilman Indonesia. Banyak film bertemakan komedi yang sukses mendulang jutaan penonton selama penayangannya.

Berikut ini kami telah merangkum 5 film Indonesia terbaik tayang pada tahun 2017:

1. Night Bus

Night Bus menyabet gelar Film Terbaik dalam gelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2017. Film ini sebenarnya merupakan adaptasi dari pengalaman Teuku Rifnu Wikana pada tahun 1999, yang telah ia tuangkan pada cerpen berjudul Selamat.

Banyak aspek yang membuat Night Bus pantas mendapatkan predikat sebagai Film Terbaik 2017. Selain kaya akan karakter di dalamnya, visual yang ditampilkan oleh Night Bus pun sangat apik. Set design di film ini sangat diperhatikan dengan seksama. Setiap adegan ditata sedemikian rupa sehingga perasaan tegang dari ceritanya bisa dirasakan langsung oleh para penonton.

Durasi 135 dari film karya Emil Heradi ini penuh dengan pertumpahan darah, tembak-tembakan, dan adegan pertempuran lainnya. Perjalanan sebuah bus ke daerah Sampar, daerah fiksi yang mengingikan kemerdekaan, berubah menjadi mencekam dan dipenuhi dengan konfilk yang seru.

2. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan datang ke Festival Film Indonesia 2017 dengan dukungan tak terhingga dari masyarakat. Hal yang terbilang wajar mengingat 2017 disesaki oleh film bertema horror dan Pengabdi Setan merupakan salah satu yang terbaik di dalamnya.

Pengabdi Setan sejatinya adalah film reboot dari film berjudul sama di tahun 1980. Sang sutradara, Joko Anwar, mengaku sangat mengidolakan film tersebut sedari kecil sehingga meminta izin Rapi Films untuk membuat ulang Pengabdi Setan. Butuh 10 tahun bagi Joko sebelum akhirnya mendapatkan restu dari rumah produksi Rapi untuk menggarap Pengabdi Setan.

Dibintangi oleh Tara Basro, Endy Arfian, Bront Palarae, Nasar Annuz, dan Muhammad Adhiyat film ini menawarkan sebuah keseruan dari menonton film horror yang berbeda. Tak ada banyak kejutan-kejutan setan yang biasanya mewarnai film Indonesia, Joko Anwar berusaha membuat suasana mencekam dari musik dan suasananya.

Pengabdi Setan menjadi film terlaris tahun 2017 dengan jumlah penonton mencapai 4.200.103 penonton mengalahkan Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part. 2.

3. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2

Abimana Aryasatya, Vino G Bastian, dan Tora Sudiro kembali mengulang kesuksesan dari film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Setelah sebelumnya menjadi film terlaris sepanjang masa, tahun ini Warkop DKI Reborn berhasil menjadi film terlaris nomor dua. Jumlah penonton yang didapatkan kali ini hanya terpaut sekira 200 ribu penonton dari Pengabdi Setan.

Mengambil cerita dari beberapa film Warkop DKI sebelumnya, tak banyak hal baru yang ditawarkan oleh film ini. Anggy Umbara selaku sutradara memang sudah merampungkan proses syuting sejak film pertama, sehingga isi dari komedi dan beberapa hal lainnya di film ini tidak berbeda jauh dari Part pertamanya.

4. Danur: I Can See Ghosts

Danur: I Can See Ghost merupakan jendela pembuka dari suksesnya film horror di tahun 2017. Tayang pada awal tahun, film yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina ini sukses menggaet banyak penonton dan masuk box office Indonesia. Tak heran jika kemudian tema film horror menjamur sampai akhir tahun 2017.

Danur sendiri adalah film yang diadaptasi dari novel horror milik Risa Sarasvati yang berjudul Gerbang Dialog Danur. Kisah pertemanan Risa dengan beberapa hantu kecil Belanda menjadi penarik perhatian para penonton. Belum lagi kisah dari Prilly yang beberapa kali ‘diganggu’ oleh teman-teman Risa, semakin membuat masyarakat penasaran dan ingin datang menonton ke bioskop. Alhasil, Danur mengumpulkan 2 juta lebih penonton selama masa penayangannya.

5. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak

Posisi 5 Besar Film Terbaik 2017 dengan film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak. Film ini memang baru tayang di bioskop pada pertengahan November 2017, namun film ini berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah luar negeri.

Marlina sukses di beberapa festival film luar dan mendapatkan apresiasi luar biasa dari para pengamat perfilman. Kepiawaian akting Marsha Timothy serta kebudayaan Sumba yang diangkat menjadi sebuah warna baru yang menarik untuk disaksikan.