Oknum Karyawan BRI Medan Ditangkap di Pekanbaru Karena Bawa Kabur Uang Kas Rp6 Miliar

Oknum Karyawan BRI Medan Ditangkap di Pekanbaru Karena Bawa Kabur Uang Kas Rp6 Miliar

Foto: Ilustrasi

Sipayo.com – Polrestabes Medan akhirnya menangkap salah seorang pelaku pembawa kabur uang kas Bank BRI Cabang Medan Putri Hijau yang berjumlah sebesar 6 Milyar Rupiah.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Putu Yuda saat dikonfirmasi membenarkan penangkapan ini. Pelaku ditangkap oleh tim gabungan Satreskrim Polrestabes Medan dan Subdit Jatanras Polda Sumut, Kamis (11/1/2018) malam.

Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto melalui Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Putu Yuda ketika dikonfirmasi, membenarkan informasi tersebut.

“Benar, sudah ditangkap di Pekanbaru tadi malam,” kata AKBP Putu Yuda, Jumat (12/1/2018) malam.

Putu mengaku, saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan untuk mengejar pelaku lainnya yang masih buron. Ia pun belum mau mengungkapkan lebih detail terkait penangkapan tersebut, termasuk apakah barang bukti uang yang dibawa kabur, berhasil diamankan atau tidak.

“Lengkapnya nanti lah ya, kami masih pengembangan. Kalau dua-duanya sudah dapat pasti kita informasikan,”tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus penggelapan dana kas BRI ini terjadi pada 13 Oktober 2017 lalu. Saat itu kedua karyawan BMS dan EP yang sebenarnya sudah cukup lama bekerja di BRI itu, mendapatkan tugas untuk menarik dana senilai Rp63 miliar ke kantor kas Bank Indonesia dengan mobil Xenia hitam bernomor polisi BK 1602 EB, milik BRI.

Dana Rp63 miliar itu diperuntukkan bagi tiga vendor pengisi mesin anjungan tunai mandiri (ATM) BRI. Namun setelah melakukan penarikan dari Bank Indonesia, keduanya tidak langsung membagi dan menyerahkan dana tersebut kepada tiga vendor penerima.

Mereka memotong senilai Rp6 miliar dengan dalih dana tersebut dibutuhkan untuk keperluan kas di Kantor Cabang Putri Hijau. Setelah berhasil menguasai dana Rp6 miliar tersebut, keduanya kabur bersama mobil milik BRI.

Penggelapan itu sendiri baru diketahui, setelah koordinator vendor penerima dana, mengkonfirmasi pemotongan tersebut kepada pejabat di Kantor Cabang BRI Putri Hijau. Pihak BRI sudah mencoba menghubungi kedua pelaku dan mendatangi rumahnya. Namun tak menemukan apa-apa. Kasus itu pun kemudian dilaporkan ke Polisi.