Warga Dairi Keluhkan Harga Jual Jagung yang Turun Menjelang Musim Panen

Warga Dairi Keluhkan Harga Jual Jagung yang Turun Menjelang Musim Panen

Foto: Ilustrasi Jagung

Sipayo.com – Memasuki musim panen tanaman jagung, petani di sejumlah wilayah mengeluhkan semakin tidak menentunya harga jual komoditas andalan petani di tiga kecamatan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Salah seorang petani Jagung yang ditemui di Tigalingga, Kabupaten Dairi, Tupon Girsang, menuturkan, harga jual jagung kering dipasaran tergantung kualitas hasil panen dengan harga paling tinggi Rp2600. Dia mengeluhkan terkait penurunan harga jual jagung yang mencapai Rp550 per kg.

“Harga jual jagung saat ini tergantung kualitasnya, bila hasil panen petani kualitasnya rendah, harganya Rp2400/kg. Termasuk juga tingkat kadar air dijual petani,” terangnya.

Tupon berharap turunnya harga jual jagung dapat menjadi perhatian pemerintah. Apalagi sebelumnya, Menteri Pertanian Amran Sulaiman pernah menyebutkan bahwa sudah menjadi keputusan pemerintah bila harga jagung tidak boleh dibawah harga Rp3.150/kg.

“Semoga Menteri Pertanian mendesak bulog untuk mengontrol harga beli jagung sehingga petani bisa terbantu. Sebab sudah menjadi keputusan pemerintah jika harga jual jagung tidak boleh di bawah Rp3.150/kg,” ujarnya.