Pemandangan Planet Mars Kini Menyerupai Bumi, Apa Penyebabnya?

Pemandangan Planet Mars Kini Menyerupai Bumi, Apa Penyebabnya?

Foto : Penampakan di Planet Mars

Sipayo.com – Setelah Supermoon dan Bluemoon yang dibarengi dengan gerhana bulan total, lembaga Antariksa milik pemerintah Amerika Serikat (AS) NASA mengungkap fenomena alam terbaru soal planet Mars.

Planet Mars yang terkenal dengan sebutan Red Planet atau planet merah berubah warna menjadi kebiruan, persis seperti warna Planet Bumi.

Dilansir dari laman Mirror, Minggu (4/2), NASA baru saja merilis rekaman yang menunjukkan bahwa planet merah Mars berubah warna menjadi biru. Gambar tersebut diambil dengan sebuah robot bernama Curiosity. Curiosity merupakan robot yang sengaja dibuat untuk melakukan penelitian di planet Mars. Robot tersebut telah memulai eksplorasinya sejak tahun 2012 silam.

Dalam cuplikan video yang dirilis NASA, robot itu menunjukan beberapa jalan saat melintasi Gale Crater. Curiosity telah menjelajah dan menunjukkan pemandangan dari sisi utara Mount Sharp daerah yang dikenal dengan sebutan Vera Rubin Ridge.

Gale Crater adalah kawah di Marsyang berdiameter sebesar 150 km. Kawah ini berada di dekat perbatasan Elysium Planitia pada koordinat 4,6°LS 137,2°BT. Kawah Gale diperkirakan berusia sekitar 3,5 hingga 3,8 miliar tahun. Kawah ini dinamai dari Walter Frederick Gale.

Curiosity menunjukkan perjalanan sejauh 85 kilometer. Robot pintar dengan enam buah roda itu mengandalkan Mast Camera atau yang disebut juga sebagai Mastcam.

Mastcam telah mengambil gambar kurang lebih 3 bulan lamanya pada saat masih cerah sebelum titik balik matahari di musim dingin pada belahan utara Mars beberapa waktu lalu. Menurut Ashwin Vasavada, seorang ilmuwan dari proyek robot Curiosity di Laboratorium Jet, ini merupakan pertama kalinya bisa melihat secara keseluruhan mengenai pemandangan planet merah tersebut.

Dilihat dari Vera Rubin Ridge, dataran luas dari kawah luar biasa membentang hingga ke pegunungan yang membentuk ke tepi utara Kawah Gale. Mastcam yang ditanamkan pada robot Curiosity mengambil potret panorama dari lokasi setinggi 327 meter di atas lokasi pendaratan awalnya.

Gambar-gambar tersebut menunjukan gambar dari planet merah yang tidak lagi berwarna merah. Pegunungan yang nampak dalam jepretan kamera Curiosity bahkan terlihat akrab dengan mata manusia. Tidak seperti gambar sebuah planet asing, bahkan lebih terlihat seperti sebuah pegunungan pasir di wilayah Timur Tengah semisal Arab Saudi.

NASA bahkan menyebutkan bahwa Curiosity telah berhasil menemukan adanya senyawa karbon dan bukti lingkungan dengan danau air tawar di sebuah wilayah yang disebut sebagai Yellowknife Bay. Selain itu, Curiosity juga menemukan peninggalan sungai kuno yang membawa air ke Kawah Gale yang terjadi sekira 3 miliar tahun yang lalu.

Perubahan warna planet Mars menjadi kebiruan tentu mengundang tanya, pertanda apakah ini? Sebab NASA tengah meneliti kemungkinan untuk memindahkan peradaban manusia di Bumi menuju ke planet Mars.