Baterai HP yang Kembung Ternyata Bisa Kembali Jadi Normal dengan Cara Sederhana Ini

Baterai HP yang Kembung Ternyata Bisa Kembali Jadi Normal dengan Cara Sederhana Ini
Foto : Batrei HP Kembung

Sipayo.com – Problem yang sering terjadi pada baterai ponsel adalah baterai melembung, hal itu kerap kali dialami oleh banyak orang ketika sudah lama menggunakan ponsel kesayangannya. Biasanya semakin lama digunakan, maka bentuk baterai hp milik anda akan berubah menjadi lebih gemuk.

Masalah perubahan bentuk seperti ini mengindikasikan bahwa baterai tersebut telah dalam keadaan bocor, sehingga baterai akan lebih cepat habis dan bahkan harus di-charge berulang-ulang. Solusi paling mudah dan paling ampuh untuk mengatasi problem baterai kembung yaitu dengan membeli baterai baru.

Membeli baterai yang baru kadang juga tidak memecahkan masalah baterai yang kembung. Sementara itu baterai baru juga harus membeli yang orisinil, agar kualitasnya terjaga.

Padahal baterai orisinil itu hanya bisa didapatkan di gerai dan biasanya harus inden atau memesan dulu. Kalau sudah beli yang baru kamu pasti akan membuang yang baterai lama. Padahal baterai yang lama itu masih bisa dipakai lagi.

Berikut inikah cara sedrhana untuk mengembalikan hp yang kembung kembali normal.

1. Ciri baterai kembung

Baterai kembung memiliki ciri-ciri permukaannya tidak rata. Agar lebih memastikannya, kamu bisa mencoba memutar baterai kembung itu di lantai keramik. Jika baterai itu dapat berputar dengan leluasa itu artinya baterai kamu positif kembung.

2. Pastikan baterai itu masih bisa di-charge

Pastikan dulu bahwa baterai itu bisa diisi ulang. Setidaknya gunakan charge Desktop atau kita sering menyebutnya charger “kodok” agar lebih yakin.

3. Masukkan baterai kembung ke dalam plastik klip

Selanjutnya, memasukkan baterai kembung tadi ke dalam plastik yang rapat. Sehingga udara tidak bisa keluar masuk. Lebih baik kalian menggunakan plastik klip seperti ini.

4. Taruh di dalam freezer selama minimal 24 jam

Letakkan baterai yang telah dimasukkan ke dalam plastik klip ke dalam freezer atau pembuat es. Biarkan selama 24 jam.

5. Ambil baterai dan keringkan

Setelah 24 jam, ambil baterai dari freezer. Buka plastik dan keringkan baterai dari sisa-sisa air. Pastikan baterai benar-benar dalam keadaan kering.

6. Isi ulang pakai charge desktop

Jangan isi ulang baterai tadi langsung dari charge ponsel. Gunakan charge desktop atau charger “kodok” untuk mengisi ulang dayanya, pastikan baterai tersebut terisi sampai penuh. Baru kemudian coba pasang dan gunakan pada ponsel kalian. Untuk catatan, kalau ternyata sudah kembung dan mati atau tidak bisa diisi ulang maka sebaiknya ucapkan selamat tinggal pada baterai tersebut.