Dilaporkan Karena Dituduh Sebarkan Berita Hoax, Ini Tanggapan Fahri Hamzah

Dilaporkan Karena Dituduh Sebarkan Berita Hoax, Ini Tanggapan Fahri Hamzah

Foto : Fahri Hamzah

Sipayo.com – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dan Fadli Zon dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh seorang pengacara Muhammad Rizki atas kasus dugaan penyebaran ujaran kebencian melalui media elektronik lantaran memposting berita di salah satu media online dengan judul ‘Tersangka Muslim Cyber Army Ahokers’, Senin (12/3/2018).

Terkait hal itu, Fahri Hamzah menilai hal itu wajar karena menjadi hak siapa pun termasuk Rizki. Fahri mengatakan menikmati pelaporan dirinya oleh Rizki, karena dianggapnya sebagai dinamika hidup berdemokrasi.

“Sebab, setiap orang yang merasa dirugikan oleh tindakan orang lain, dapat melakukan upaya hukum. Itu sehat, normal, dan merupakan gizi dalam berdemokrasi,” kata Fahri di DPR, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Terkait perkara yang dituduhkan oleh pelapor kepadanya, Fahri berdalih ia hanya mengutip pemberitaan salah satu media yang cukup dipercaya di Indonesia. Fahri mengatakan, unggahannya di akun twitter pribadi, merupakan tindakan yang dapat dipertanggung jawabkan.

“Itu justru bertanggung jawab karena mengutip sumber dalam setiap tulisan (Jawapos). Mengutip sumber adalah bagian yang paling penting. Kalau orang mengutip sumber yang tidak ada, baru disebut melakukan tindak pidana, kebohongan atau pemalsuan,” ujar Fahri.