Mayjen Raja Kami Sembiring Meliala Dikabarkan Meninggal Dunia

Mayjen Raja Kami Sembiring Meliala Dikabarkan Meninggal Dunia

Foto: Raja Kami Sembiring Saat Dirawat di RS RSPAD Gatot Soebroto

Sipayo.com – Mayor Jenderal TNI (Purn) Raja Kami Sembiring Meliala dikabarkan meninggal dunia, Sabtu (17/3/2018). Sebelumnya, salah seorang kerabat menyebutkan di media sosial, bahwa mantan Pangdam Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih tersebut sempat dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Kabar meninggalnya Raja Kami Sembiring Meliala diketahui berdasarkan informasi yang beredar di media sosial Facebook. Salah satu pengguna Facebook yang menyebutkan meninggalnya tokoh masyarakat Karo tersebut adalah Erdian Sembiring Kembaren.

“Turut berdukacita atas berpulangnya salah satu putra terbaik Karo, Mayjen (Purn) Raja Kami Sembiring Meliala. Selamat jalan dalam keabadian kembali kepangkuan Sang Khalik. Rest in Peace Jenderal,” tulisnya.

Di kolom komentar status Facebook yang ditulis Erdian, salah satu tokoh masyarakat Karo lainnya, Prof Sukaria Sinulingga juga turut ikut menuliskan rasa belasungkawa atas meninggalnya Raja Kami Sembiring Meliala.

“Kami sangat berduka atas berpulangnya bapak Mayjend (Purn) TNI RK Sembiring. Semoga keluarga yang ditinggalkan tabah menghadapi suasana penuh duka ini,” tulisnya.

Raja Kami Sembiring Meliala merupakan salah satu tokoh militer dan politik di Indonesia yang lahir di Sarinembang, Kabupaten Karo, 17 Agustus 1938. Selain pernah menjabat Pangdam Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih, Raja Kami juga pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari tahun 1988 hingga 1994 melalui Golongan Karya.

Pada bulan Februari tahun 1994 karier politiknya pada periode kedua sempat terhenti. Pada September 1998 kembali muncul di kancah politik ketika bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang kemudian membawanya kembali menjadi anggota DPR sebagai Wakil Ketua Komisi I yang membidangi Pertahanan Keamanan dan Luar Negeri.