Pilgub Sumut 2018 Terancam Ditunda Lantaran Dana NPHD Belum Cair

Pilgub Sumut 2018 Terancam Ditunda Lantaran Dana NPHD Belum Cair

Foto: KPU 

Sipayo.com – Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di tingkat Provinsi Sumatera Utara terancam ditunda akibat terkendala anggaran kegiatan yang tidak kunjung diberikan Pemerintah Provinsi. Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Nazir Salim Manik di Medan, Jumat (24/3), mengatakan, sesuai dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), Pemprov Sumut akan menyerahkan seluruh anggaran pilkada pada Februari 2018.

Nazir Salim Manik menyatakan, seharusnya pencairan dana sudah dilakukan, mengingat hal itu merupakan komitmen yang seharusnya dipenuhi. Nazir mengatakan sudah ada bukti tertulis yang jelas menyatakan kalau pencairan dana tahap 2 akan dikeluarkan pada bulan Februari lalu, namun hingga saat ini belum terealisasi.

“Jadi pertama, ini soal komitmen. NPHD itu kan komitmen yang tertulis hitam di atas putih, sehingga kedua belah pihak harus menghargai. Selanjutnya bahwa tahapan kan terus berjalan kalau kita ditanya, apakah butuh, ya pasti butuh. Jadi Pemprov tidak perlu menghitung-hitung kita sudah selesai tahap pertama atau belum. Itu sudah ranah kita sebagai penerima hibah,” ucap Nazir kepada watawan, Sabtu (24/3).

Ia menyebut jika ketersediaan dana memang tidak cukup, maka kemungkinan untuk menunda proses berjalannya pemilu pun cukup besar. Karena menurut Nazir, proses tidak boleh berjalan tanpa ketersediaan anggaran.

“Jadi hari ini kita akan rapat membahas itu, tentang bagaimana ketersediaan anggaran kita. Lalu bagaimana kegiatan-kegiatan yang kita rencanakan mengefektifkan sosialisasi yang macam-macam itu. Nah kalau ternyata ini membebani, kalau pendapat saya pribadi, ya harus dievaluasi perjalanan tahapan ini,” paparnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam rapat ini mereka akan membahas seputar anggaran dan akan memastikan bahwa tidak terjadi defisit untuk perencanaan selanjutnya. Saat disinggung soal skenario terburuk apabila NPHD tak kunjung cair, Nazir masih belum mau memberikan jawaban pasti.

“Belum bisa bilang. Makanya kita rapat ini untuk membahas anggaran itu,” paparnya.