Warga Aceh Heboh dengan Penemuan Kucing Emas yang Terancam Punah

Warga Aceh Heboh dengan Penemuan Kucing Emas yang Terancam Punah

Foto : Kucing Emas

Sipayo.com – Seekor kucing emas berukuran dewasa ditemukan terperangkap dalam ruang garasi mobil rumah warga Gampong (desa) Masjid, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

“Tadi pagi baru diketahui saat menantu saya ada keperluan mengambil barang di dalam garasi. Saat dilihat awal dipikir kucing, tapi kok besar dan suara hongosannya tidak sama dengan kucing,” kata pemilik rumah, Syarifuddin, di Meulaboh, Senin (12/3/2018).

Masyarakat setempat awalnya sempat heboh karena adanya yang menyebutkan hewan tersebut adalah anak harimau sumatera, warga setempat ada yang menyatakan takut akan didatangi induk harimau apabila terus dibiarkan tinggal dalam garasi. Personel BKSDA akhirnya turun tangan dan menangkap kucing emas yang berukuran tinggi 40 sentimter dan panjang 80 sentimeter.

Meski dengan sedikit takut, keluarga pemilik rumah tersebut sempat memberi makan hewan itu karena melihat kelakuannya jinak, apalagi setelah melihat kondisinya terperangkap dalam kayu-kayu dan kawat duri di sudut gudang dan tidak mau keluar.

Kucing emas Asia atau Catopuma temminckii masuk dalam daftar International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List yang berisi status spesies-spesies di dunia. Kucing emas Asia berstatus hampir terancam punah.

Dikutip dari situs IUCN, Selasa (13/3/2018), kucing emas Asia diketahui pernah ada di 12 negara di Asia Tenggara. Meski persebarannya luas, kucing emas Asia jarang terlihat. Di Indonesia, kucing emas Asia pernah terlihat di Sumatra.

Ancaman terbesar untuk kucing emas Asia adalah hilangnya habitat dan perburuan liar. Berdasarkan data, populasi kucing emas Asia terus menurun.

Kucing emas Asia biasa tinggal di hutan, baik hutan tropis atau subtropis. Selain itu, dia juga pernah ditemukan di semak belukar dan padang rumput.

Dikutip dari animaldiversity.org, kucing emas Asia berukuran sedang dengan panjang kepala dan badan sekitar 116-161 cm. Beratnya sekitar 12-15 kg dengan ekor yang panjang.

Warna kucing emas Asia bervariasi, mulai dari cokelat emas, cokelat, hitam, merah, dan abu-abu. Kucing emas Asia punya garis putih dengan pinggiran hitam yang terpampang vertikal dari ujung kepala, melewati mata, hingga leher. Kucing emas Asia punya badan yang berotot dan kaki yang panjang sehingga mereka adalah pemanjat pohon yang ulung.