5 Cara Ampuh Membuat Baterai Smartphone Kamu Tetap Awet

5 Cara Ampuh Membuat Baterai Smartphone Kamu Tetap Awet

Foto : Ilustrasi

Sipayo.com – Smartphone sekarang rata-rata dibekali dengan layar luas, prosesor cepat dan dukungan RAM besar untuk kemampuan multitasking yang tinggi. Akibatnya, kecenderungan menggunakan smartphone secara berlebihan pun semakin besar.

Dampak penggunaan smartphone yang berlebihan ini bisa membuat kecanduan smartphone, serta umur baterai menjadi pendek. Padahal belum terlalu lama ponsel tersebut dicharger, dan Anda juga tidak menggunakan aplikasi yang banyak menguras daya.

Tentu saja baterai smartphone yang boros seperti itu akan mengganggu, karena harus selalu diisi daya setiap waktu. Namun Anda tak perlu bingung akan hal tersebut. Karena ada beberapa cara agar baterai smartphone Anda awet berjam-jam.

Berikut inilah beberapa cara agar baterai tetap awet :

1. Jangan charge baterai semalaman

Jangan pernah mengisi baterai sampai semalaman karena akan memicu panas yang berlebihan pada permukaan smartphone. Sehingga itu akan menyebabkan boros terhadap baterai. Selain itu juga membuat baterai smartphone Anda cepat rusak. Meski saat ini telah banyak smartphone yang mempunyai fitur auto cut-off saat baterai telah penuh.

Tapi men-charge ponsel semalaman sangat tidak disarankan, supaya baterai Anda awet, sebaiknya mengisi baterai smartphone saat baterainya tinggal 30 persen dan cabut ketika terisi sekitar 80 persen. Ini bertujuan untuk menjaga siklus baterai smartphone.

2. Matikan notifikasi

Ketika mengetahui bahwa smartphone Anda boros, coba matikan notifikasi masuk dari beberapa aplikasi tertentu yang dianggap tidak penting. Selain menghemat baterai, hal tersebut efektif untuk menghilangkan kecanduan smartphone. Untuk mematikannya, coba masuk ke menu Setting kemudian pilih Apps, kalau pilih aplikasi ataupun game yang tidak ingin ditampilkan notifikasinya. Pada bagian Show Notification, hilangkan centangnya.

3. Matikan fitur lokasi

Agar baterai smartphone Anda awet coba untuk selalu matikan fitur lokasi saat tidak menggunakannya. Misalnya, aktifkan saat check-in di Path atau Facebook, lalu matikan setelahnya. Karena sebenarnya, fitur lokasi di smartphone membuat baterai boros. Apalagi smartphone itu aktif digunakan. Sehingga jangan heran jika dalam waktu pemakaian sebulan, baterai akan cepat sekali drain.

4. Hindari mode getar

Sebenarnya untuk menggetarkan Mode Vibrator membutuhkan daya besar. Sehingga membuat baterai cepat terkuras. Supaya baterai smartphone awet sebaiknya gunakan Mode Silent saja.

5. Atur layar smartphone

Tahukah Anda jika sebenarnya tingkat kecerahan tinggi di layar smartphone membuat baterai cepat habis. Oleh karena itu agar baterai Anda selalu awet atur tingkat kecerahan layar ke yang paling rendah. Selain itu, agar baterainya semakin hemat jangan lupa juga untuk mengatur Time Sleep-nya juga ke waktu yang sekiranya tidak terlalu lama, misal 1 menit.