Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto di FIlm G30S/PKI Meninggal Dunia

Amoroso Katamsi, Pemeran Soeharto di FIlm G30S/PKI Meninggal Dunia

Foto: Amoroso Katamsi

Sipayo.com – Amoroso Katamsi, pemeran tokoh Soeharto dalam film Pengkhianatan G30S/PKI, dikabarkan meninggal dunia pada Selasa dinihari (17/4/2018).

Kabar tersebut diketahui dari cuitan Goenawan Mohamad pada Selasa pagi.

“Amoroso Katamsi, aktor yang memerankan Presiden Suharto dalam pelbagai film, meninggal dinihari Selasa ini,” tulis Goenawan Mohamad di akun Twitter-nya, Selasa (17/4/2018).

Goenawan Mohamad memberikan sedikit penjelasan mengenai sosok Amoroso Katamsi di matanya.

“Amaroso, seorang dokter TNI- AL, ikut grup teater yang dipimpin Sutradara Arifin C. Noer sejak masih kuliah di Yogya. Ia bisa tampak menyatu dengan sosok yang diperankannya,” kata Goenawan Mohamad.

 

Sebelumnya diberitakan, Amoroso Katamsi tergolek lemah di ICU Rumah Sakit Angkatan Laut Mintohardjo, Jakarta.

Berdasarkan informasi yang didapat TribunJabar.id dari pihak keluarga Amoroso Katamsi, pensiunan TNI AL itu dirawat di rumah sakit sejak Jumat (13/4/2018).

“Saat ini dalam kondisi kritis,” ujar istri Amoroso Katamsi, Peni Wijiastuti, meneruskan pesan Aning Katamsi melalui pesan singkat, Senin (16/4/2018).

Pada foto terbaru, Amoroso Katamsi terlihat terbaring di ranjang rumah sakit.

Selang infus menancap di tangan kanan dan selang lain dipasang di bagian mulutnya.

Amoroso Katamsi dirawat di ICU

Amoroso Katamsi ternyata bukan orang sembarangan. Ia merupakan seorang tentara sekaligus dokter.

Ia mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Ketika itu, ia mengajukan beasiswa ke berbagai instansi, termasuk ke Angkatan Laut Republik Indonesia.

Amoroso Katamsi pun diterima dan diangkat menjadi tentara. Kendati menjadi tentara, kegemarannya di dunia peran tidak ditinggalkan.

Ayah dari Aning Katamsi itu memang sudah menyukai dunia seni sejak kecil.

Saat berkuliah di UGM pun ia sempat aktif di Kelompok Studi Drama Jogja. Di sini lah, Amoroso Katamsi bertemu Arifin C Noer yang kelak menjadi sutradara film Pengkhianatan G30S/PKI.

Seiring berjalannya waktu, Amoroso dikenal luas sebagai perwira militer yang juga aktif berteater. Saat pembuatan film Pengkhianatan G30S/PKI, Amoroso Katamsi pun dipercaya memerankan tokoh Soeharto.