Maria Juara Indonesian Idol 2018, Justru Abdul Dinilai Punya Peluang Lebih Tenar Karena Hal Ini

Maria Juara Indonesian Idol 2018, Justru Abdul Dinilai Punya Peluang Lebih Tenar Karena Hal Ini

Foto: Maria Juara Indonesian Idol 2018

Sipayo.com – Setelah empat bulan lebih bersaing di ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol 2018, akhirnya nama Maria Simorangkir keluar menjadi pemenangnya sebagai juara 1 di grandfinal Indonesian Idol 2018 melawan pesaing tunggalnya, Ahmad Abdul, pada babak kompetisi puncak Grand Final Indonesian Idol 2018, Result & Reunion Show, ditayangkan RCTI dan berakhir selasa dini hari 24 April 2018.

Maria menang karena unggul lewat perolehan SMS pemirsa RCTI. Padahal, justru Abdul yang menang telak pada voting Twitter resmi Indonesian Idol dengan selisih beda jauh dibanding Maria

Nah, setelah kemenangan Maria, akankah menjadi jaminan bahwa Maria akan jauh lebih tenar dan sukses dibanding juara 2, yakni Abdul? Semoga saja begitu. Lazimnya harapan semua orang tentu juara 1 berhak lebih sukses dibanding di lini kedua. Tapi sejarah perhelatan Indonesian Idol ternyata membuktikan fakta sebaliknya! yang dimana juara 2 seringkali lebih sukses dan tenar?

Ya, sejak digelar pada 2004, peraih gelar runner-up dianggap lebih populer dibanding sang jawara. Sebut saja deretan nama juara kedua Indonesian Idol yang kini lebih eksis di dunia hiburan tanah air. Salah satu di antaranya bahkan kini menjadi juri Indonesian Idol, Judika Sihotang, yang saat itu juara 2.

Indonesian Idol tahun ini memasuki edisi ke-9. Apakah mitos itu terus “menghantui” jebolan Indonesian Idol season ke-9? Ulasan peraih juara kedua Indonesian Idol mulai dari musim pertama berikut ini! Benarkah bahwa juara 2 selalu lebih sukses dan tenar dibanding juara 1 ? Mari telusuri jejaknya dari pergelaran di musim pertama tahun 2004 silam:

1.Indonesian Idol 2004, Delon Thamrin Lebih Dikenal!

Pada 2004, Joy Tobing keluar sebagai pemenang edisi pertama Indonesian Idol. Sedangkan Delon Thamrin harus puas duduk di posisi runner-up.

Status Delon lalu berubah menjadi pemenang setelah gelar juara Joy dibatalkan. Setelah itu Delon meneluarkan album pertama ‘Bahagiaku’ (2008), ‘Perasaanku’ (2008), dan Rahasiaku (2013).

Taku cukup itu Delon juga rajin merilis single. Gelaran Indonesian Idol 2004 usai, nama Joy juga turut redup. Terakhir Joy malah dikabarkan sedang menghadapi masalah rumah tangga.

2.Indonesian Idol 2005, Judika Kini Jadi Juri!

Musim kedua Indonesian Idol, Mike Mohede keluar sebagai juara pertama dan Judika sebagai runner-up. Mike sempat mewakili Indonesia di ajang Asian Idol. Sementara karir Judika di dunia tarik suara semakin dikenal dan dicintai masyarakat.

Mike sesekali muncul dengan karya baru sebelum berpulang meninggalkan pengemarnya untuk selama-lamanya. Mike sebenarnya cukup cemerlang kariernya semasa hidup. Tapi Judika juga disebut-sebut tak kalah cemerlang. Single Judika yang sungguh cemerlang adalah ‘Aku yang Tersakiti.’

3.Indonesian Idol 2006, Siapa yang Menonjol?

Pada musim ketiga, Ihsan Tarore keluar sebagai juara pertama dan Dirly Dave Sompie sebagai runner-up. Kemenangan Ihsan saat itu tak lepas dari simpati penonton dengan keadaan Ihsan dari keluarga sederhana.

Meski terlihat sesekali mengeluarkan lagu, Ihsan lebih sering menbintangi banyak judul sinetron dan film. Sedangkan Dirly tak jauh berbeda. Karir bernyanyi Dirly sebagai runner-up juga tak begitu istimewa.

Namanya lebih sering muncul di judul sinetron setelah kabar kedekatannya dengan Agnez Mo. Pendek kata, untuk Indonesian Idol 2006, baik juara 1 maupun 2 sama-sama tidak terlalu cemerlang dalam karier. Tidak ada yang menonjol.

4.Indonesian Idol 2007, Wilson Redup!

Musim 2007, Rini Wulandari keluar sebagai jawara dan Wilson Simon sebagai runner-up. Rini kini masih aktif di dunia musik dengan rajin mengeluarkan single bersama Jevin Julian yang kini jadi suaminya.

Sedangkan Wilson Sinom malah tak terdengar kabarnya! Baru pada tahun 2007, mitos juara 2 lebih sukses terpatahkan. Rini Idol lebih cemerlang dibanding Wilson. 2 single hits Rini Wulandari yang cemerlang adalah ‘Aku Tetap Milikmu’ dan ‘Aku Bukan Boneka’.

5.Indonesian Idol 2008, Gisel Mantap Jadi Selebritis!

Pada musim 2008, Januarisman alias Aris keluar sebagai juara satu. Sempat mengeluarkan lagu baru, karir Aris di industri musik tak bertahan lama. Kabar yang santer berhembus, Aris kembali menjadi pengamen jalanan.

Sedangkan sang runner-up Gisella Anastasia kini lebih dikenal sebagai selebritis. Apalagi setelah menikah dengan aktor Gading Martin, namanya makin kuat di dunia hiburan. Juara 2 kembali terbukti lebih moncer dibanding juara 1 Idol.

6.Indonesian Idol 2010, Citra Scholastika Mantap Solo Karier!

Pada musim keenam tahun 2010 menghasilkan Igo keluar sebagai juara pertama. Tapi karir bermusik sang runner-up Citra Scholastika yang justru makin bersinar.

Citra makin mantap dengan image penyanyi Jazz. Sedangkan karya Igo tak bisa mengimbangi kepopuleran Citra.

7.Indonesian Idol 2012, Sean Kalah Populer dengan Regina!

Pada musim ketujuh tahun 2012, Regina keluar sebagai juara pertama dan Sean menjadi runner-up. Regina dan Sean masing-masing membuktikan kualitas musikalitas mereka di belantika musik Indonesia.

Tapi Regina dinilai lebih populer dibanding Sean. Regina sampai saat ini masih sering muncul di TV dan juga aktif konser di luar kota dibandingkan Sean. Tapi Regina juga tidak berselisih jauh dibanding Sean dalam hal ketenaran.

8.Indonesian Idol 2014, Husein Alatas Gandeng ATT!

Nowela vs Husein Di Grand Final Indonesian Idol 2014

Pada musim kedelapan 2014, Nowela keluar sebagai juara pertama dan Husein menjadi runner-up. Meski Nowela sering menghadiri beberapa acara talkshow. Tapi karir Husein lebih melambung dibandingkan Nowela. Apalagi ketika dikabarkan dekat dan sering duet dengan Ayu Ting-ting, Husain makin dikenal publik.

9.Indonesian Idol 20018, Siapa yang Bakal Jadi Runner-Up?

Nah, Indonesian Idol 2018, siapa jawara 1 dan jawara 2? Kompetisi masih baru masuk tahap Spektakuler Top 7. Akankah kembali terulang fakta juara 2 lebih mendominasi sukses?

Sumber: Tribun