Pengguna WhatsApp Akan Dibatasi Maksimal Umur 16 Tahun

Pengguna WhatsApp Akan Dibatasi Maksimal Umur 16 Tahun

Foto : Ilustrasi

Sipayo.com – WhatsApp mengubah kebijakan bagi pengguna mereka untuk memenuhi undang-undang perlindungan data di Eropa, GDRP, yang efektif berlaku bulan depan. Di Eropa, minimal usia pengguna WhatsApp diubah menjadi 16 tahun, sebelumnya untuk semua wilayah minimal pengguna WhatsApp harus berusia 13 tahun.

Tidak jelas bagaimana batas usia yang akan diperiksa, mengingat data terbatas yang diminta dan dipegang oleh layanan.

Sementara itu, Facebook yang memiliki kebijakan data terpisah, mengambil pendekatan yang berbeda untuk remaja berusia antara 13 tahun dan 15 tahun agar mematuhi undang-undang Perlindungan Data Umum Eropa (GDPR). Mereka diminta untuk mencantumkan orang tua atau wali untuk memberikan izin bagi mereka untuk berbagi informasi di platform.

Whatsapp yang saat ini memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna mengungkapkan tak meminta hak baru untuk mengumpulkan informasi pribadi dalam perjanjian yang dibuat untuk Uni Eropa.

“Tujuan kami hanya menjelaskan bagaimana kami menggunakan dan melindungi informasi terbatas yang kami miliki tentang Anda,” katanya dikutip dari Reuters.

WhatsApp, didirikan pada 2009, telah mendapat tekanan dari beberapa pemerintah Eropa dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya, sistem pesan terenkripsi end-to-end dan rencananya mereka akan berbagi lebih banyak data dengan induknya, Facebook.

Facebook sendiri berada di bawah pengawasan dari regulator dan pembuat undang-undang di seluruh dunia sejak kasus Cambridge Analytica. Saat ini, usia penggunaan minimum WhatsApp akan tetap 13 tahun di seluruh dunia, sejalan dengan orang tuanya.

GDPR adalah perombakan terbesar privasi online sejak kelahiran internet. Regulasi ini memberi orang Eropa hak untuk mengetahui data apa yang disimpan pada mereka dan hak untuk menghapusnya. Apple dan beberapa perusahaan teknologi lainnya mengatakan mereka berencana memberi perlindungan dan hak yang sama kepada pengguna di luar Eropa.