Pep Guardiola Catatkan Sejarah Sebagai Pelatih Asal Spanyol yang Raih Gelar Juara Liga Inggris

Pep Guardiola Catatkan Sejarah Sebagai Pelatih Asal Spanyol yang Raih Gelar Juara Liga Inggris

Foto: Pep Guardiola

Sipayo.com – Pep Guardiola selaku pelatih Manchester City, ialah pelatih dari Spanyol pertama yang mampu memenangkan gelar juara Liga Inggris musim 2017-2018.

Kepastian Manchester City menjadi juara Liga Inggris musim ini setelah saingan terdekat mereka yaitu Manchester United mengalami kekalahan 0-1 dari West Bromwich Albion, Minggu (15/4/2018) di Stadion Old Trafford.

Koleksi 87 angka dari 33 laga milik Manchester City kini secara matematis tak bisa lagi dikejar oleh Manchester United.

Dengan kekalahan pada laga ke-33, Manchester United mengoleksi 71 poin dari 33 laga. Artinya, maksimal skuat asuhan Jose Mourinho hanya bisa mengoleksi 86 angka hingga akhir musim.

Trofi Liga Inggris ini menjadi yang pertama bagi Pep Guardiola yang mulai menangani Manchester City sejak musim lalu. Pep Guardiola juga sukses menjadi orang Spanyol pertama yang menjuarai Liga Inggris sepanjang sejarah kompetisi teratas Negeri Ratu Elizabeth ini.

Sebelumnya pelatih asal Inggris dan Skotlandia mendominasi kompetisi teratas sepak bola di Inggris. Sebelum kemudian era Premier League yang dimulai pada musim 1992-1993 membuat para pelatih asal Eropa daratan mampu unjuk gigi di Inggris.

Tercatat 10 pelatih sudah pernah merasakan gelar Premier League hingga musim ini.

Kesepuluh pelatih tersebut adalah Alex Ferguson (Skotlandia), Kenny Dalglish (Skotlandia), Arsene Wenger (Prancis), Jose Mourinho (Portugal), Carlo Ancelotti (Italia), Roberto Mancini (Italia), Manuel Pelegrini (Chile), Claudio Ranieri (Italia), Antonio Conte (Italia), dan Pep Guardiola (Spanyol).