Seram! Ini Dia Ikan yang Ternyata Jauh Lebih Ganas dari Piranha

Seram! Ini Dia Ikan yang Ternyata Jauh Lebih Ganas dari Piranha

Foto : Goliath Tigerfish

Sipayo.com – Kita mengenal hiu dan piranha sebagai predator air paling ganas. Namun kelihatannya reputasi mereka mendapat saingan berat dari seorang pendatang baru.

Adalah Goliath tigerfish atau dikenal juga dengan giant tigerfish. Goliath tigerfish atau Hydrocynus goliath merupakan jenis ikan buas yang berasal dari Afrika.

Ikan ini hidup di Danau Tanganyika, Sungai Kongo, Danau Upemba, dan Sunga Lualaba di Afrika.

Ukuran tubuhnya yang besar bisa mencapai 1,53 meter dengan berat 70 kg. Ikan ini lebih cepat dan kuat dari ikan-ikan lain yang hidup di Afrika.

Tigerfish memiliki 32 gigi yang berjarak dan tersusun rapi di tepi rahangnya. Gigi-gigi tersebut saling mengunci antara gigi atas dan bawah.

Hewan yang bisa bergerak cepat ini mempunyai kantong berisi udara di dalam tubuhnya. Kantong tersebut berfungsi sebagai sound receiver atau penerima getaran yang berasal dari air.

Sehingga, tigerfish bisa mendeteksi adanya hewan lain di sektarnya dan kemudian bisa segera mengambil tindakan yang tepat.

Kawanan tigerfish bisa menangkap mangsa dengan berbagai ukuran, baik kecil hingga besar. Biasanya ikan tigerfish dewasa berkelompok sebanyak 4 sampai 5 ikan untuk berburu.

Ini adalah keadaan yang berbahaya, sebab satu ekor tigerfish saja bisa memangsa hewan lain yang sama besar dengan tubuhnya. Mereka juga suka memangsa buaya berukuran kecil.

Dengan penglihatannya yang tajam dan bisa merasakan getaran frekuensi rendah dari musuhnya, goliath tigerfish ini bisa menaklukkan musuh-musuhnya.