Waduh! Gunung Sinabung Mengalami Erupsi Sebanyak 25 Kali Sepanjang 15 April 2018

Waduh! Gunung Sinabung Mengalami Erupsi Sebanyak 25 Kali Sepanjang 15 April 2018

Foto: Gunung Sinabung

Sipayo.com – Gunung Sinabung kembali erupsi, terlihat sepanjang (15/4/2018) pagi hingga sore, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menyemburkan awan panas dan abu vulkanik tak kurang dari 25 kali.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Pos Pengamatan Gunung Sinabung, erupsi mulai terjadi pada pukul 08.27 WIB dengan ketinggian kolom abu 1000 meter dan lama gempa 727 detik.

Setelah erupsi yang pertama terjadi, erupsi susulan secara berturut-turut terjadi hampir dalam kurun waktu setiap 10 hingga 30 menit sekali dengan tinggi kolom abu bervariasi mulai dari 200 meter hingga 1000 meter, abu condong ke arah Barat – Baratlaut.

Dengan aktivitas yang masih tinggi, dimana hingga kini status Sinabung masih berada pada level IV atau awas, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara, Dr. Ir. H. Riadil Akhir Lubis MSi, menghimbau masyarakat dan para wisatawan yang berkunjung ke Karo agar tetap waspada dan menjauhi zona merah Sinabung sebagaimana yang telah ditetapkan.

“Masyarakat dihimbau untuk terus waspada dan menataati rekomendasi pemerintah. Tidak dapat diprediksi sampai kapan Gunung Sinabung akan berhenti meletus. Parameter vulkanik dan siesmisitas gunung masih tetap tinggi, sehingga potensi letusan susulan masih akan tetap berlangsung,” ujar Riadil.

Dilihat dari enam tahun terakhir, Gunung sinabung tidak pernah absen mengamuk. Bahkan pada tahun 2016, sebanya tujuh Warga di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, meninggal dunia akibat letusan gunung api yang kembali aktif sejak tahun 2010 tersebut.