Wow! Fenomena Langka Terjadi di Puncak Gunung Semeru

Wow! Fenomena Langka Terjadi di Puncak Gunung Semeru

Foto : Puncak Gunung Semeru

Sipayo.com – Fenomena langka dan tidak biasa terjadi di jalur menuju puncak Gunung Semeru. Salju ditemukan di beberapa titik Mahameru, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur.

Dimana, salju ditemukan di sejumlah titik di blok puncak bayangan, beberapa meter sebelum menggapai Puncak Mahameru dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

Penampakan salju menyerupai jejak para pendaki. Menggumpal dan tersebar di celah bebatuan. Penampakan ini pun langka ini langsung saja membuat heboh di media sosial.

“Sobat hijau, peristiwa yang tidak biasa berupa lapisan es muncul di Puncak Gunung Semeru. Lapisan dengan ketebalan ± 2 cm dapat ditemukan disela-sela bebatuan jalur pendakian menuju puncak Mahameru,” tulis akun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Twitternya, Sabtu (14/4/2018).

 

Kementerian LHK menyebut peristiwa itu belum pernah dijumpai di kawasan puncak gunung. Selama ini lapisan es hanya dijumpai di Ranu Kumbolo dan Oro-oro Ombo.

“Diperkirakan muncul es tersebut karena cuaca sangat dingin di Puncak Gunung Semeru sekitar – 10°C,” ujarnya.

Peristiwa ini pun dianggap sebagai kejadian yang unik. Sebab tak biasanya lapisan es muncul di kala musim pancaroba.

“Selama saya bekerja di TN Bromo Tengger Semeru belum pernah menjumpai fenomena ini, padahal sekarang masih di musim pancaroba, karena kejadian lapisan es biasanya terjadi di musim panas sekitar bulan Agustus,” ucap Kepala Resort Ranupane SPTN III BBTN Bromo Tengger Semeru, Agung Siswoyo.